Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI pada materi fluida dinamis. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Kediri. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling ditentukan sampel dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dengan jumlah 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 dengan jumlah 28 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan ganda. Sebelum instrumen tes diberikan, terlebih dulu dilakukan uji coba instrumen yaitu uji validitas, reliabilitas. taraf kesukaran, dan daya pembeda. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata hasil belajar fisika peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan metode eksperimen adalah 83,57 dan peserta didik yang diajarkan dengan pembelajaran konvesional adalah 75,71. Hasil pengujian hipotesis yang menggunakan uji-t, yaitu t-test polled varians dengan taraf signifikan 5% atau 0,05 dan diperoleh nilai sebesar 4,97 dan sebesar 2,01. Jika lebih besar dari , maka ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dengan metode eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik.
Copyrights © 2024