Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 4 (2024): November

Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Muatan IPAS SDN Gugus I Sekarbela

Setiawati, Eka (Unknown)
Zain, Moh Irawan (Unknown)
Rahmatih, Aisa Nikmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan aspek kelayakan, kepraktisan dan keefektivan produk. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SDN Gugus I Sekarbela yaitu SDN 37 Ampenan dan 38 Ampenan. Jenis data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif yang diperoleh yaitu data deskripsi berdasarkan kualitas objek yang diteliti berupa saran dari para ahli. Sedangkan data kuantitatif yaitu data yang berupa angka yang menunjukkan kepada presentasi keberhasilan dari produk yang dikembangkan. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan media audio visual dengan spisifikasi produk diantaranya : (1) Media pembelajaran audio visual yang dikembangkan berupa media powtoon; (2) Media powtoon yang dikembangkan dilengkapi dengan penjelasan suara narator pada pada setiap slide-nya. Media pembelajaran audio visual powtoon masuk dalam kategori sangat layak digunakan untuk media pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media audio visual powtoon dengan tingkat kelayakan media 86% “sangat layak” dan kelayakan materi 78% “layak”, kepraktisan media berdasarkan respon guru dengan skor 100% “sangat praktis” dan respon peserta didik dengan skor 92% “sangat praktis” serta media powtoon efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPAS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...