Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan
Vol.1, No.2, Februari 2016

DAMPAK PROGRAM RESITASI TERHADAP PERUBAHAN KONSEPTUAL MAHASISWA PADA TOPIK HUKUM III NEWTON

Ida Bagus Rini Jayanti (Mahasiswa Pendidikan Fisika Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
Wartono Wartono (Dosen Pendidikan Fisika Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)
Sutopo Sutopo (Dosen Pendidikan Fisika Pascasarjana-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2016

Abstract

Through this research the computer-assisted recitation program has been developed which is consisted of 9 multiple choice of conceptual questions and its feedback. This research purposed to investigate the effect of the recitation program to students’ conceptual understanding and conceptual change about Newton third laws. Data retrieved with a pretes using multiple choice who given after kinematics learning (one and two-dimensional) and particle dynamics (Newton’s laws of force and motion) and a postes was given after using the recitation program. The program used as offline by the student for a week. Subject of this study consisted of 35 students of the first year enrolled in introductory physics course at State University of Malang. The research found that students’ conceptual understanding overall increased significantly with N-gain value is 0.31 and students’ conceptual change was better because they have sound understanding and partial understanding increased, and they have misconceptions and no understanding decreased.Melalui penelitian ini telah dikembangkan program resitasi berbantuan komputer berisi 9 soal-soal konseptual dalam bentuk pilihan ganda beserta balikan langsung. Penelitian ini dimaksudkan untuk menyelidiki dampak program tersebut terhadap penguasaan konsep dan perubahan konsep mahasiswa mengenai hukum III Newton. Data diambil melalui pretes berupa tes pilihan ganda yang diberikan setelah pembahasan topik kinematika (satu dan dua dimensi) dan dinamika partikel (hukum-hukum Newton tentang gaya dan gerak) dan postes diberikan setelah menggunakan program resitasi. Program digunakan mahasiswa selama seminggu secara offline. Subjek penelitian terdiri atas 35 mahasiswa tahun pertama Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang yang sedang menempuh mata kuliah Fisika Dasar I. Hasil penelitian ditemukan bahwa penguasaan konsep mahasiswa secara keseluruhan meningkat secara signifikan dengan nilai N-gain sebesar 0.31 dan perubahan konsep mahasiswa semakin baik dengan meningkatnya jumlah mahasiswa yang memiliki pemahaman mantap dan pemahaman sebagian, serta berkurangnya jumlah mahasiswa yang mengalami miskonsepsi dan yang tidak paham.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptpp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Education Journal: Theory, Research, and Development) is an electronic journal focuses on a scientific article concerning education issues in general published by Graduate School of Universitas Negeri Malang since January ...