Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 6 (2024): Desember 2024 - Januari 2025

Identifikasi Masalah Siswa Kelas XII-K di SMAN 1 Lubuk Pakam Berbasis DCM

Sayla Shabina Begum (Unknown)
Yonanda Angelika Purba (Unknown)
Ribka Estetica Sitepu (Unknown)
Sri Anita Padang (Unknown)
Agita Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk permasalahan dominan yang dihadapi oleh siswa kelas XII-K SMAN 1 Lubuk Pakam dengan memanfaatkan angket Daftar Cek Masalah (DCM).  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang dikumpulkan dengan menyebarkan  google form yang berfokus pada aspek aspek kesehatan, ekonomi, rekreatif (hobi), hubungan muda mudi, pernikahan, keyakinan, keluarga, masa depan, sekolah, belajar, dan ujian (ulangan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan yang paling dominan dialami oleh siswa adalah kekhawatiran akan ujian (ulangan). Kesulitan belajar menempati urutan kedua, diikuti oleh kekhawatiran terkait masa depan. Ketidak seimbangan dalam aktivitas rekreatif dan dinamika keluarga juga secara signifikan memengaruhi kesejahteraan siswa. Kerja sama antara orang tua, guru, dan sekolah sangat penting guna menciptakan lingkungan yang mendukung bagi peserta didik. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan holistik dalam menangani kebutuhan peserta didik yang beragam untuk mengoptimalkan potensi mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...