Tujuan dari penelitian ini adalah untuk permasalahan dominan yang dihadapi oleh siswa kelas XII-K SMAN 1 Lubuk Pakam dengan memanfaatkan angket Daftar Cek Masalah (DCM). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif yang dikumpulkan dengan menyebarkan google form yang berfokus pada aspek aspek kesehatan, ekonomi, rekreatif (hobi), hubungan muda mudi, pernikahan, keyakinan, keluarga, masa depan, sekolah, belajar, dan ujian (ulangan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan yang paling dominan dialami oleh siswa adalah kekhawatiran akan ujian (ulangan). Kesulitan belajar menempati urutan kedua, diikuti oleh kekhawatiran terkait masa depan. Ketidak seimbangan dalam aktivitas rekreatif dan dinamika keluarga juga secara signifikan memengaruhi kesejahteraan siswa. Kerja sama antara orang tua, guru, dan sekolah sangat penting guna menciptakan lingkungan yang mendukung bagi peserta didik. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan holistik dalam menangani kebutuhan peserta didik yang beragam untuk mengoptimalkan potensi mereka.
Copyrights © 2024