Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 6 (2024): Desember 2024 - Januari 2025

DISLEKSIA DALAM PENDIDIKAN: TANTANGAN YANG DIHADAPI DAN STRATEGI PEMBELAJARAN YANG MENDUKUNG

Azizah Nayla Alqindi (Unknown)
Yeni Marito Harahap (Unknown)
Tri Gladis Stompul (Unknown)
Yonanda Angelika Purba (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Disleksia adalah salah satu gangguan belajar yang memengaruhi kemampuan siswa dalam membaca, menulis, dan memahami bahasa. Di Indonesia, kesadaran mengenai disleksia masih rendah, menyebabkan banyak siswa tidak terindentifikasi dan menerima penanganan yang kurang tepat. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis tantangan yang dihadapi oleh siswa disleksia dalam proses belajar membaca dan mnegeksplorasi strategi pembelajaran yang dapat membantu mereka. Penelitian ini mneggunakan metode kualitatif dengan teknik studi pustaka, memanfaatkan berbagai literatur, buku, dan jurnal yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa disleksia menghadapi kesulitan fonologis, decoding, pemrosesan visual dan auditori, serta pemahaman membaca. Strategi pembelajaran yang disarankan meliputi metode multisensory, pendekatan berbasis kekuatan siswa, dan kolaborasi antara guru, orang tua, serta konselor. Artikel ini memberikan wawasan tentang bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang inklusif untuk mendukung siswa disleksia mencapai potensinya secara maksimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...