Implementasi strategi pendampingan dalam pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sangat dubutuhkan agar tidak menyalahi aturan yang ditentukan oleh operundang-undangan. Kegiatan ini bertujuan memastikan penggunaan dana yang tepat sasaran dan sesuai dengan aturan perundang-undangan. Metode yang digunakan meliputi pendekatan partisipatif, pelatihan, pendampingan intensif, monitoring dan evaluasi, serta penelitian tindakan. Hasil menunjukkan bahwa metode partisipatif berhasil meningkatkan keterlibatan dan rasa tanggung jawab semua pemangku kepentingan, sementara pelatihan dan workshop memperkuat kapasitas manajemen keuangan sekolah. Pendampingan intensif memungkinkan penyelesaian masalah secara langsung dan memastikan kepatuhan terhadap rencana anggaran. Monitoring dan evaluasi memberikan gambaran yang jelas mengenai efektivitas penggunaan dana, sementara penelitian tindakan membantu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah spesifik secara berkelanjutan. Keseluruhan strategi ini menghasilkan peningkatan transparansi, efisiensi, dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana BOS di SMKN Klakah. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa strategi pendampingan yang terstruktur dapat menjadi model yang efektif untuk diterapkan di sekolah-sekolah lain guna meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan pendidikan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024