Jurnal Pemberdayaan Masyarakat dan Komunitas
Vol 1, No 2: 2024

Perancangan Media Pembelajaran Batik Podhek di Kampung Eduwisata Berbasis Multimedia

Khotimah, Bain Khusnul (Unknown)
Syakur, Muhammad Ali (Unknown)
Maghfiroh, Putri Lailatul (Unknown)
Hasanah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Media merupakan sarana dalam penyampaian materi pembelajaran. Media yang tepat untuk kegiatan belajar mengajar membatik untuk siswa ataupun masyarakat pada umumnya yaitu dengan menggunakan media animasi. Tujuan pembuatan animasi adalah agar pengunjung mudah memahaminya. Selama ini kurangnya penyampaian materi oleh pembina batik membuat kegiatan membatik tidak maksimal. Hal ini disebabkan proses belajar membatik masih terpusat pada contoh langsung di lapangan dan berupa program magang. Sehingga bagi pengunjung mengalami kesulitan dalam belajar karena mereka sekedar mendengarkan hal-hal yang disampaikan oleh presenter dan terkendala waktu. Salah satu software yang diaplikasikan untuk pembuatan video animasi yaitu Articulate Storyline 3, yaitu dengan mengkombinasikan semua komponen teks, gambar, audio, animasi dan video tentang tata cara pembuatan batik Podhek. Metode yang digunakan adalah gabungan dari Coreldraw dan Corel Video Studio. Metode Coreldraw untuk mengedit gambar/foto, sedangkan Corel Video Studio untuk mengedit video dan audio dan semua data digabungkan ke dalam software Articulate Storyline 3. Data diolah manjadi kesatuan aplikasi dalam media pembelajaran berbasis multimedia. Kegiatan ini diharapkan dapat mempermudah proses belajar membatik agar lebih cepat dan jelas dalam memahami materi tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmk

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Pemberdayaan Masyarakat dan Komunitas (JPMK) is published by the STAI Nurul Islam Mojokerto. Its a biannual refereed journal concerned with the practice and processes of community engagement. It provides a forum for academics, practitioners, and community representatives to explore issues and ...