Tadris: Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 1 No. 2 (2022): Tadris: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK

Siti Nurbaiti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kondisi literasi digital siswa terkait hambatan dan solusi yang ditemuikan dalam pelaksanaan bimbingan terkait peningkatan literasi digital siswa di SMK Sandikta Kota Bekasi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologis. Sumber data yaitu data primer bersumber dari kepala sekolah, guru BK, peserta didik. Sedangkan data sekunder diambil dari dokumen yang ada kaitannya dengan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah peneliti sendiri yang berfungsi menetapkan dan memilih informan sebagai sumber data, analisis data, menafsirkan data, serta instrumen dalam mengumpulkan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling diselenggarakan dengan pengelolaan yang sistematis mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, yang dalam proses pengelolaan manajemennya dilakukan dengan mengedepankan kordinasi dan komunikasi oleh seluruh warga sekolah dalam mengintegrasikan pendidikan perilaku pada kegiatan sehari-hari. Manajemen bimbingan dan konseling meningkatkan literasi digital peserta didik dalam merancang tujuan, materi, strategi maupun evaluasi pembelajarannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Tadris

Publisher

Subject

Education Other

Description

Tadris: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Pamulang dengan ISSN 2829-4947 (Print) dan dapat diakses secara daring di https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Tadris dengan e-ISSN 3064-3376. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi hasil penelitian dan ...