CommLine
Vol 9, No 2 (2024)

Analisis Spasialisasi Sertifikat Halal Pada Sikat Gigi Dalam Perspektif Ekonomi Politik Komunikasi

Hermansyah, Hermansyah (Unknown)
Arifin, Syahrul (Unknown)
Zahra, Siti (Unknown)
Swarnawati, Aminah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Majelis Ulama Indonesia melalui LPPOM MUI dan Komisi Fatwa telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan jaminan makanan halal bagi konsumen muslim melalui instrumen sertifikasi halal merupakan fatwa tertulis MUI yang menyatakan kehalalan suatu produk sesuai syariat Islam. Metode penelitian ini berupa pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunka teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawan cara serta observasi. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana peran sertifikat halal yang terdapat dalam produk sikat gigi. Hasil penelitian menunjukkan adanya asumsi dari masyarakat bahwa terdapat campuran bulu babi pada produk sikat gigi. Harapan ke depannya dalam dunia bisnis dengan pencantuman label halal akan terciptanya prilaku bisnis yang santun, yang concern terhadap nilai-nilai sosial dan spiritual disamping nilai-nilai profit. Sebagai pengemban nilai-nilai sosial, label halal mustilah mampu memberikan perlindungan terhadap konsumen baik dalam memenuhi kebutuhan pangan, kenyamanan dalam mengkonsumsi, cita-rasa, keselamatan baik jasmaniah maupun ruhaniah dan nilai perlindungan hukum (jaminan halal), sehingga masyarakat lebih percaya. Kata Kunci: Spalisasi Sertifkat Halal, Sikat Gigi, Persfektif Ekonomi Politik Komunikasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

commline

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mencakup penelitian seputar isu – isu kontemporer di bidang media & journalism, media & gender, new media, advertising, public relations, media & religion, political communication, development communication, intercultural communication; semua bentuk komunikasi termasuk interpersonal, group, ...