Strategi komunikasi pemasaran digital memiliki peran penting dalam meningkatkan daya tarik wisata religi. Penelitian ini dilakukan di Vihara Budhagaya Watugong Semarang,yang menghadapi tantangan promosi wisata dalam keterbatasan strategi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi komunikasi digital dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya,analisis data menggunakan model reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial Instagram dan YouTube sebagai saluran promosi belum dioptimalkan karena konten yang cenderung monoton dan kurang menarik bagi wisatawan umum. Selain itu, belum diterapkannya SEO dan SEM menyebabkan visibilitas rendah. penelitian ini diharapkanĀ  dalam pengembangan konten yang lebih menarik, dan pemanfaatan strategi digital yang terstruktur untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Kata Kunci: strategi komunikasi digital, wisata religi, Vihara Budhagaya Watugong, pemasaran digital, SEO& SEM
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024