Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas III di MI Nurul Iman Desa Pagutan Lombok Tengah. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan menggunakan 1 kelas yaitu kelas eksperimen. Subjek penelitian sebanyak 37 murid. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini adalah one grup pretest-posttest design, dengan populasi penelitian seluruh siswa siswa kelas III di MI Nurul Iman yang berjumlah 37 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional dari 37 murid terdapat 26 murid yang berada pada kategori tidak tuntas dengan presentase 90,62%, dan 4 murid yang berada pada kategori tuntas dengan presentase 9,37%. Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata diperoleh sebesar 62,5, sedangkan pada pembe lajaran dengan menggunakan media video dari 37 murid terdapat 35 murid yang berada pada kategori tuntas dengan presentase 93,75% dan 2 murid yang berada pada kategori tidak tuntas dengan presentase 6,25%. Ini berarti ketuntasan belajar memuaskan secara klasikal karena nilai rata-rata 81,71 telah mencapai KKM yang diharapakan yaitu 80. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan dengan menggunakan media video terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS) pada siswa kelas III di MI Nurul Iman Desa Pagutan Lombok Tengah mengalami peningkatan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024