Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang menakutkan dan sulit dipahami sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa, hal ini disebabkan oleh dalam proses belajar mengajar, guru menggunakan metode ceramah dan menuliskan suatu materi pada papan tulis dan jarang ditemukan guru menggunakan model pembelajaran didalam kelas. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Dalam penelitian ini menggunakan kelompok kontrol sebagai dasar untuk dibandingkan dengan kelompok yang dikenal eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budisatrya Medan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) memberikan dampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa SMA kelas X. Dapat dilihat dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 2,89 yang lebih besar dari pada ttabel = 1,68. Hal ini berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka terdapat pengaruh yang positif signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa SMA kelas X pada materi barisan dan deret aritmatika
Copyrights © 2024