Tulisan ini bertujuan untuk meneliti tentang representasi nilai moral kemanusiaan yang terkandung dalam iklan Ramadhan - Month of Mercy – Almara’i Emotional Commercial yang dirilis pada 29 Juni 2015 lalu. Almara’i adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di Arab Saudi yang berdiri tahun 1977 mengiklankan produk-produknya, di antaranya melalui situs YouTube. Iklan yang sudah ditonton oleh lebih dari 70 ribu kali ini berisi nilai-nilai moral kemanusiaan baik yang tersurat maunpun yang tersirat. Melalui iklan ini, penulis akan menganalisis nilai-nilai moral kemanusiaan yang direpresentasikan melalui beberapa adegan dan cuplikan yang ditampilkan dalam iklan ini dengan pendekatan Semiotika beserta makna-makna denotasi dan konotasinya. Penulis menggunakan metode deskriptif-kualitatif berdasarkan teori Semiotika dari Roland Barthes (2017). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teori Semiotika tergambar dalam penyampaian pesan dan tujuan dalam iklan ini. Adapun nilai moral kemanusiaan yang tampak pada iklan ini adalah (1) kepedulian sosial terhadap sesama, (2) tolong menolong dalam berbagai situasi, (3) menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi, (4) berbagi kepada yang membutuhkan, dan (5) kepekaan sosial tanpa memandang latar belakang.
Copyrights © 2023