Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis front office pada bagian reservasi Hotel Cahaya Berlian Pamekasan ‎Syariah. Pendekatan penelitian ini merupakan objek penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dalam hal ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena pendekatan penelitian diarahkan untuk mencapai tujuan memperoleh penjelasan yang mendalam tentang penerapan suatu teori. Sehingga dituntut untuk menggunakan pemikiran yang lebih induktif. Berdasarkan hasil penelitian analisis front office pada bagian reservasi hotel, sebagai berikut: pertama, front office pada reservasi hotel, bahwa untuk menjaga nilai syariah maka front office melakukan mitigasi awal dalam hal reservasi hotel baik secara daring atau online yaitu pengunjung harus membawa kartu identitas berupa KTP dan Kartu Nikah. Kedua. Dalam struktur organisasi hotel syariah Cariah Berlian masih belum memiliki dewan pengawas syariah. sebagai kewenangan untuk melakukan pengawasan internal dalam pengelolaan operasional hotel syariah. Ketiga. Dalam pandangan maqashid al-Syariah, pengelolaan hotel syariah Cahaya Berlian berdasarkan Ahkamul Khamsah sudah menuju tujuan syariah. Hal ini dibuktikan dengan adanya upaya pencegahan dari setiap pengunjung untuk tidak berkomunikasi di kamar hotel kecuali dilakukan di lobby.
Copyrights © 2023