cover
Contact Name
Moh Ramin
Contact Email
prospeksalkhairat@gmail.com
Phone
+6285231737366
Journal Mail Official
prospeksalkhairat@gmail.com
Editorial Address
Jl Raya Palduding No 2 Pamekasan, Madura
Location
Kab. pamekasan,
Jawa timur
INDONESIA
Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah
ISSN : -     EISSN : 2986433X     DOI : https://doi.org/10.32806
Core Subject : Economy, Education,
Focus and Scope Tujuan publikasi prosedur ini adalah untuk menyebarkan pemikiran konseptual atau ide-ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang pelayanan masyarakat. PROSPEKS: Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah, khususnya berfokus pada masalah-masalah utama dalam pengembangan ilmu pelayanan masyarakat sebagai berikut: Pendidikan; Ilmu Pengetahuan dan Teknologi; Ekonomi Kreatif; Lingkungan dan Pembebasan Kemiskinan; Humaniora Sosial; Bidang terkait lainnya.
Articles 102 Documents
ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI SYARIAH BERDASARKAN PSAK 102 PADA PEMBIAYAAN MURABAHAH DI KSPPS SIBISA AL-KHAIRAT Rahman, Fadali; Fata, Fahrul; Arifin, Miftahol
Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah Vol. 1 No. 1 (2023): Prospeks
Publisher : LP2M IAI AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/pps.v1i1.253

Abstract

KSPPS SIBISA Al-Khairat Pamekasan menawarkan produk yang tidak jauh berbeda dengan lembaga keungan yang lain, hanya saja KSPPS SIBISA Al-Khairat Pamekasan memiliki produk unggulan yang paling banyak digemari oleh anggota yakni produk pinjaman dana dengan akad murabahah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian penerapan pembiayaan murabahah pada Di KSPPS SIBISA Al-Khairat Pamekasan dengan PSAK 102. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitative dengan menggunanakan metode analisis laporan keuangan tahun 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntansi syariah berdasarkan PSAK 102 pada pembiayaan murabahahDi KSPPS SIBISA Al-Khairat Pamekasanyakni ada sepuluh kategori menjadi perbandingan yakni koperasi hanya menyediakan pembiayaan murabahah dengan pesanan, koperasi hanya menerapkan pembayaran secara tangguh, uang diakui sejumlah yang diterima dan diakui sebagai pengurang piutang, Jika koperasi mendapat diskon dari pihak ketiga (pemasok) maka mengurangi harga perolehan dan pencatatan diskon yang didapatkan tidak dicatat secara terpisah. Jika akad murabahah tidak melebihi satu tahun maka keuntungan diakui pada saat penyerahanaset murabahah. Jika akad murabahah melebihi satu tahun maka keuntungan dikategorikan berdasarkan tingkat resikonya. Dalam hal pengungkapan yang dilakukan harus sesuai dengan PSAK 102 tentang Penyajian Laporan Keuangan Syariah namun harga perolehan persediaan murabahah tidak diungkapkan secara terperinci. Piutang murabahah akan disajikan sesuai dengan nilai bersih yang telah direalisasikan , yakni saldo piutang murabahah dikurangkan dengan penyisihan kerugian piutang. Margin murabahah tangguhan disajikan sebagai pengurang piutang murabahah.
PERAN KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH DALAM PEMBERDAYAAN UMKM PADA KSPPS TABAROK SHOHIBUL QORIB PAMEKASAN Fatun; Imron, Zawawi; Aini, Qurrotul; Zainab, Sitti; Antoni, Fauzi; Fajar, Ainul; Gafur, A.
Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah Vol. 1 No. 1 (2023): Prospeks
Publisher : LP2M IAI AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/pps.v1i1.254

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran KSPPS Tabarok Shohibul Qorib dalam pemberdayaan UMKM. Penelitian ini berlokasi pada KSPPS Tabarok Shohibul Qorib Jln.brawijaya NO.32 Pamekasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi , wawancara dan lainnya. Observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti yang terlibat langsung dengan KSPPS Tabarok shohibul Qorib dan nasabah usaha mikro, kecil menengah. KSPPS Tabarok Shohibu lQorib mempunyai visi dan misi untuk pembangunan ekonomi umat terutama bagi pengusaha mikro, kecil dan menengah lembaga keuangan syariah telah menawarkan berbagai macam produk yang dimilikinya, adapun KSPPS Tabarok Shohibul Qorib memiliki berbagai produk baik penghimpun dana (funding) ataupun penyaluran dana (lending) sumber penghimpunan dana berasal dari dana anggota, modal penyertaan, kerjasama dari lembaga keuangan lain, dari anggota antara lain: deposito mudharobah tabungan wadiah serta penyaluran dana atau pembiayaan diantaranya: pembiayaan tabarok (akad mudharabah) Mubarok (akad musyarokah), pembiayaan murobahah dan rahn. KSPPS Tabarok Shohibul Qorib adalah lembaga keuangan syariah non bank yang hadir untuk menjembatani dana para pemilik asset untuk dikelola secara profesional dan produktif untuk pengembangan ekonomi umat umumnya dan UMKM lebih khususnya dalam bentuk pembiayaan. Peneliti dapat menarik benang merah bahwa KSPPS Tabarok Shohibul Qorib sangat di butuhkan oleh masyarakat khususnya para UMKM, keberadaan KSPPS Tabarok Sohibul Qorib menjadi salah satu alternative solusi sumber pendanaan untuk pengembangan dan pemberdayaan UMKM.
IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH DALAM PEMBIANYAAN USAHA MIKRO DI BANK SYARIAH INDONESIA KANTOR CABANG PEMBANTU SIDOARJO GATEWAY Kunaifi, Aang; Sofi Asis, Moh.; Sotif, Abd.; Faiqil Kholqi, Abdi
Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah Vol. 1 No. 1 (2023): Prospeks
Publisher : LP2M IAI AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/pps.v1i1.255

Abstract

Perbankan syariah saat ini menjadi sector industry keuangan yang favorit dan menjadi alternative utama masyarakat, salah satunya dalam melakukan pembiayaan dengan menggunakan system bagi hasil. Untuk itu, berbagai produk perbankan syariah harus mampu dipahami masyarakat, salah satunya penerapan akad murabahah pada produk pembiayaan di Bank Syariah Indonesia (BSI) Artikel ini membahas tentang Penerapan Akad Murabahah dalam Produk Pembiayaan mikro pada PT. Bank Syariah Indonesia Tbk Artikel ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pengambilan data melalui wawancara secara langsung dengan kepala cabang, karyawan dan staf yang lain di Bank Syariah Indonesia KCP Waru Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan akad yang digunakan dalam pembiayaan usaha mikro adalah akad murabahah yaitu jual beli barang pada harga semula dengan tambahankeuntungan yang disepakati. Model transaksi yang dimaksud diistilahkan secara teknis dalam perbankan syariah dengan murabahah diartikan sebagai suatu perjanjian yang disepakati antara bank syariah dan nasabah, dimana bank menyediakan pembiayaan untuk pembelian bahan baku atau modal kerjalainnya yang dibutuhkan nasabah. Melalui penelitian ini diharapkan kemudahan akses perbankan usaha mikro semakin baik.
IMPLEMENTASI DIGITAL CORPORATE CULTURE “EXPRESSI” DI BANK JATIM SYARIAH CAPEM SAMPANG Ramin, Moh.; Bahri, Syaiful; Khoiruddin, Khoiruddin; Amiruddin, Amiruddin; Asman, Pendi; Yaqin, Ainol; Kholil, Moh.
Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah Vol. 1 No. 1 (2023): Prospeks
Publisher : LP2M IAI AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/pps.v1i1.256

Abstract

Peneliti menemukan bahwa penerapan budaya kerja (corporate culture) dalam proses kegiatan kerja di Bank Jatim Syariah Capem Sampang melalui penekanan dan efektifitas dalam penerapannya. Sehingga menciptakan sumber daya manusia yang terlatih dan terbentuk dalam mengejar kinerja Bank Jatim Syariah, serta mampu bersaing dan menciptakan lembaga keuangan syariah yang dapat go public dan dapat dikenal oleh lebih banyak orang. Dalam upaya membangun sumber daya manusia, proses kerja dan hasil kerja yang lebih baik diharapkan bersumber dari perilaku masing-masing individu, artinya pembentukan budaya kerja dari karyawan dan pimpinan merupakan kerangka dasar manajemen dari sebuah organisasi, yang dilakukan secara terus menerus tidak lepas dari kerja keras pemimpin. Hal inilah yang akan menghasilkan dampak yang signifikan bagi organisasi dan lembaga. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian yang akan ditelaah dalam penelitian ini adalah terkait penerapan budaya perusahaan yang dalam hal ini diimplementasikan dalam beberapa referensi, sehari-hari adalah selasa, ‎Iman, OK BRO, SICOMO, dan singkatan dari kata EXPRESI. Sehubungan dengan hasil penelitian ini, disarankan kepada staf pimpinan BANK JATIM SYARIAH CAPEM SAMPANG untuk mempertahankan dan meningkatkan budaya kerja pegawainya, terlebih dahulu alangkah baiknya mengendalikan dan menerapkan budaya kerja tersebut pada diperhatikan dan dipertahankan dalam rangka meningkatkan budaya kerja yang profesional sesuai dengan visi dan misi bank Jatim itu sendiri.
ANALISIS FRONT OFFICE PADA RESERVASI SEKTION DI HOTEL SYARIAH CAHAYA BERLIAN PAMEKASAN PERSPEKTIF MAQAASHID AL SYARIAH Matnin; Rohma, Sofiyatun; Agustina, Aprilia; Rosa, Mila; Nafisah, Imroatun
Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah Vol. 1 No. 1 (2023): Prospeks
Publisher : LP2M IAI AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/pps.v1i1.257

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis front office pada bagian reservasi Hotel Cahaya Berlian Pamekasan ‎Syariah. Pendekatan penelitian ini merupakan objek penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dalam hal ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif karena pendekatan penelitian diarahkan untuk mencapai tujuan memperoleh penjelasan yang mendalam tentang penerapan suatu teori. Sehingga dituntut untuk menggunakan pemikiran yang lebih induktif. Berdasarkan hasil penelitian analisis front office pada bagian reservasi hotel, sebagai berikut: pertama, front office pada reservasi hotel, bahwa untuk menjaga nilai syariah maka front office melakukan mitigasi awal dalam hal reservasi hotel baik secara daring atau online yaitu pengunjung harus membawa kartu identitas berupa KTP dan Kartu Nikah. Kedua. Dalam struktur organisasi hotel syariah Cariah Berlian masih belum memiliki dewan pengawas syariah. sebagai kewenangan untuk melakukan pengawasan internal dalam pengelolaan operasional hotel syariah. Ketiga. Dalam pandangan maqashid al-Syariah, pengelolaan hotel syariah Cahaya Berlian berdasarkan Ahkamul Khamsah sudah menuju tujuan syariah. Hal ini dibuktikan dengan adanya upaya pencegahan dari setiap pengunjung untuk tidak berkomunikasi di kamar hotel kecuali dilakukan di lobby.
ANALISIS FAKTOR LOYALITAS NASABAH PADA TABUNGAN MUDHARABAH DI KSPPS BTM SANG SURYA PAMEKASAN Dwiaryanti, Risca; Wahyudi, Ali; Andriyansyah, Andriyansyah; Dofir, M; Ulum, Bahrul; Arifin, Moh; Ghafur, Abd
Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah Vol. 1 No. 1 (2023): Prospeks
Publisher : LP2M IAI AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/pps.v1i1.258

Abstract

Semakin banyaknya pesaing dalam menguasai pasar, sebuah institut atau lembaga usaha dipaksa untuk membentuk strategi terbaik mereka untuk menarik para konsumen. Begitu pula dengan lembaga keuangan syari’ah. Setelah mendapatkan beberapa nasabah, langkah selanjutnya adalah bagaimana nasabah tersebut tetap setia pada lembaga keuangan digunakan mempertahankan jumlah nasabah agar tidak berpaling pada pesaing. Hal inilah yang disebut dengan loyalitas konsumen. Loyalitas konsumen memberikan keuntungan yang sangat besar pada suatu perusahaan. Selain mempertahankan konsumen yang ada, dapat juga mempermudah dalam mendapatkan konsumen baru. Loyalitas bisa didapatkan jika pelanggan merasa puas dengan segala hal yang ditawarkan oleh perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan mendapatkan melalui obeservasi dan wawancara langsung pada nasabah mudharabah di KSPPS BTM SANG SURYA PAMEKASAN. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling banyak menjadi penyebab terbentuknya loyalitas konsumen pada produk tabunga nmudharabah di KSPPS BTM SANG SURYA PAMEKASAN adalah legalitas koperasi, dan kualitas pelayanan.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH MENGGUNAKAN MODEL CARTER DI BPRS BHAKTI SUMEKAR CABANG TLANAKAN Aris Saputra, Taufik; Rohman, Mujibur; Kholili, Mohammad; Umam, Hoirul
Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah Vol. 1 No. 1 (2023): Prospeks
Publisher : LP2M IAI AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/pps.v1i1.259

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan bukti empiris mengenai pengaruh variabel CARTER secara parsial dan simultan terhadap kepuasan nasabah pada BPRS Bhakti Sumekar Cabang Tlanakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kualitas pelayanan compliance memperoleh nilai sig 0,013, assurance 0,34, reliability 0,010, tangible 0,49, empathy 0,001, dan responsiveness 0,07 secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kualitas pelayanan compliance, assurance, reliability, tangible, empathy, dan responsiveness secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Implikasi penelitian ini adalah berfokus pada compliance, assurance, reliability, tangible, empathy, dan responsiveness yang dapat mempengaruhi kepuasan nasabah pada BPRS Bhakti Sumekar Cabang Tlanakan, jika dilihat dari nilai signifikansi tersebut compliance, assurance, reliability, tangible, empathy, dan responsivenessmempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah akan tetapi variabel kualitas pelayanan yang paling dominan di antara compliance, assurance, reliability, tangible, empathy, dan responsiveness mempengaruhi kepuasan nasabah adalah Empathy dikarenakan nilai Standardized Coefficient Beta sebesar 0,270 maka variabel kualitas pelayanan empathy adalah variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Tlanakan.
PERAN GADAI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (STUDY PADA BPRS SARANA PRIMA MANDIRI BANDARAN) Ashari, Azis; Rouf, Abd; Masudi, Masudi
Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah Vol. 1 No. 1 (2023): Prospeks
Publisher : LP2M IAI AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/pps.v1i1.260

Abstract

Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui prosedur pelaksanaan Gadai Syari’ah di Kantor Kas SPM Bandaran, dan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas gadai Syari’ah Kantor Kas SPM Bandaran dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bandaran. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan cara pengamatan langsung di lapangan dan melakukan wawancara langsung yang terkait dengan permasalahan yang diteliti. Data sekunder diperoleh dari kantor Kas SPM Bandaran, dan sumbersumber lainnya. Analisis data yang digunakan adalah karena penelitian ini bersifat kualitatif, maka metode analisa yang digunakan adalah analisa induktif yaitu analisa data yang berangkat dari gejala atau peristiwa yang bersifat khusus kemudian mengambil kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik gadai Syari’ah SPM Bandaran sudah sesuai dengan prinsip-prinsip gadai syari’ah yang diterapkan oleh Qur’an dan Hadis. Yaitu tidak adanya paraktik bunga yang diterapkan oleh SPM Bandaran. Dampak yang ditimbulkan oleh praktik Pegadaian Syari’ah bagi kehidupan perekonomian masyarakat Bandaran dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu,dampak positif dan dampak negative. Dampak positifnya adalah bagi masyarakat yang menjadikan barangnya sebagai marhun di Kantor Kas SPM Bandaran dengan tujuan sebagai modal pengembangan usaha bagi masyarakat ekonomi menengah kebawah. Sedangkan dampak negatifnya adalah bagi masyarakat yang menjadikan barangnya sebagai marhun dengan tujuan untuk pemenuhan kebutuhan komsumsi semata.
IMPLEMENTASI SISTEM JEMPUT BOLA PADA PRODUK TABUNGAN MUDHARABAH DI KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG KOTA SUMENEP Rosyid, Abd.; Jannah, Nurul; Tafdila, Tafdila; Nor Azizah, Wanda; Syarifah, Wardatus
Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah Vol. 1 No. 1 (2023): Prospeks
Publisher : LP2M IAI AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/pps.v1i1.261

Abstract

Karya ilmiah ini erjudul “Implementasi Sistem Jemput Bola pada Produk Tabungan Mudharabah di KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG KOTA SUMENEP" yang disusun oleh mahasiswa Jurusan S1 ekonomi syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Latar belakang penelitian ini adalah perkembangan perbankan syariah sudah cukup meningkat serta adanya persaingan antara perbankan syariah dan perbankan konvensional. untuk mempertahankan nasabahnya perlu adanya pelayanan semaksimal mungkin, salah satunya menggunakan sistem jemput bola. Sistem jemput bola merupakan suatu strategi yang dilakukan dengan cara petugas langsung mendatangi nasabah. Karya ilmiah ini bertujuan untuk memahami bagaimana implementasi sistem jemput bola pada produk tabungan Mudharabah di Kspps Bmt Nu Jawa Timur Cabang Kota Sumenep. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif yaitu dengan cara melakukan survey langsung ke objek penelitian. Teknik pengumpulan data penulis memperoleh melalui dokumentasi, observasi ke lapangan, dan wawancara dengan Account Officer di KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG KOTA SUMENEP. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa sistem jemput bola merupakan andalan utama dalam melayani nasabah. Dlihat dari laporan tahunan KSPPS bmt Nu Jawa Timur Cabang Kota Sumenep memperlihatkan bahwa bank dalam kondisi sehat terbukti dengan meningkatnya jumlah nasabah dan jumlah tabungan dari tahun 2016-2020. Sehingga dengan sistem ini dapat meningkatkan laba atau pendapatan KSPPS BMT NU JAWA TIMUR CABANG KOTA SUMENEP.
IMPLEMENTASI AKAD MUDHARABAH DI KSPPS NURI CABANG KADUR Asy’ari, Qaiyim; Syakur, Moh.; Sallim Wahyudi, Moh.
Prosiding Pengabdian Ekonomi dan Keuangan Syariah Vol. 1 No. 1 (2023): Prospeks
Publisher : LP2M IAI AL-KHAIRAT PAMEKASAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32806/pps.v1i1.262

Abstract

Mudharabah merupakan kerja sama dalam mendirikan usaha antara dua pihak dimana pihak pertama sebagai penyedia seluruh modal yang bisa disebut shahbul maal, sedangkan pihak yang lainnya menjadi pelaksana (mudharib). Keuntungan yang didapatkan dari usaha dibagi sesuai kesepakatan yang disepakati oleh dua belah pihak, dan kerugian ditanggung pemilik modal jika kerugian itu bukan disebabkan oleh kecerebohan si pelaksana. Jenis-jenis mudharabah dibagi menjadi dua: 1.) mudharabah mutlaqah 2) mudharabah muqayyah. Rukun mudharabah menurut ulama Hanafi adalah sighat Menurut jumhur ulama rukun mudharabah dibagi menjadi tiga antara lain: 1) dua pihak yang akad, 3) modal dan 3) sighat. Sedangkan ulama Syafi’I menyebutkan secara terperinci bahwa rukun mudharabah dibagi menjadi lima yaitu: 1) modal 2) pekerjaan 3) laba 4) sighat 5) dua pihak yang akad. Implementasi akad mudharabah di KSPPS NURI CABANG KADUR antara lain : tabungan berjangka, deposito special, pembiyaan modal kerja dan investasi khusus.

Page 1 of 11 | Total Record : 102