Jurnal Riset Ilmiah
Vol. 1 No. 12 (2024): SINERGI : Jurnal Riset Ilmiah, Desember 2024

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG GAYA GRAVITASI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV UPTD SD NEGERI DANAU INA KOTA KUPANG

Selvina Grace Pello (Universitas Nusa Cendana)
Taty Rosiana (Universitas Nusa Cendana)
Sofia Godeliva Un Lala (Universitas Nusa Cendana)
Antonius Suban Hali (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan model pembelajaran problem based learning pada peserta didik kelas IV SD Negeri Danau Ina kota kupang. Berdasarkan temuan peneliti terkait pembelajaran metode pengajaran yang monoton yang dilakukan oleh guru dan hasil belajar siswa di SD NEGERI DANAU INA kota kupang sehingga dibutuhkan strategi pembelajaran yang tepat. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian yang dilakukan oleh guru. Hanya 22,7% siswa SD Danau Ina Kota Kupang Kelas IV yang tidakĀ  mampu memenuhi KKTP, sedangkan 77,3% siswa lainnya mampu memenuhi KKTP yang telah ditentukan. Dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan quizizz membuat siswa belajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa . Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Danau Ina kota kupang Hal ini dapat dilihat dari presentasi ketuntasan pada siklus I sebesar 68,18 % meningkat menjadi 90,90 % pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SINERGI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

SINERGI : Jurnal Riset Ilmiah accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches: Humanities and Social sciences, that include: Engineering, Economics, Health, Social, ...