Mahasiswa dipengaruhi oleh tindakan sosial instrumental ketika memperoleh barang atau alat untuk memenuhi kebutuhannya. Mereka juga dipengaruhi oleh tindakan sosial rasional ketika membeli atau mengonsumsi sandang untuk beradaptasi dengan lingkungannya, berdasarkan nilai-nilai yang dianut masyarakat, dengan harapan memperoleh penerimaan. Mahasiswa terlibat dalam konsumerisme karena gejolak emosi yang dialaminya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan analisis rasional mahasiswa terhadap penggunaan fitur ShopeePaylater terhadap perilaku konsumtif dan juga bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif mahasiswa. Dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh melalui berbagai metode seperti wawancara, pengambilan gambar, studi pustaka, pencatatan dan dokumentasi, sedangkan data dalam penelitian ini menggunakan dokumen dalam studi pustaka serta hasil transkrip wawancara dengan beberapa mahasiswa FKIP UNS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat dampak positif dan negatif dalam penggunaan fitur ShopeePaylater terhadap perilaku konsumtif pada rasionalitas mahasiswa khususnya mahasiswa FKIP UNS, serta rasionalitas pada perilaku konsumtif mahasiswa dalam penggunaan fitur ShopeePaylater.
Copyrights © 2024