JURNAL INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi)
Vol 9 No 2 (2024): OCTOBER

RANCANG BANGUN APLIKASI BLENDED LEARNING SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN MINAT DAN BAKAT ILMIAH MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE LEAN UX

Sri Wahyuni (Unknown)
Erfina (Unknown)
Andi Putra Aditya Pratama (Unknown)
Aldi Perdana Asri (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Fenomena ketidaksesuaian antara bidang studi dan pekerjaan lulusan di Indonesia menimbulkan tantangan bagi institusi pendidikan untuk meningkatkan relevansi kurikulum dengan kebutuhan industri. Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi blended learning untuk mendukung pengembangan minat dan bakat ilmiah mahasiswa menggunakan metode Lean UX. Metode penelitian ini melibatkan observasi, studi literatur, dan pengembangan aplikasi berbasis Minimum Viable Product (MVP), diikuti oleh pengujian Blackbox dan System Usability Scale (SUS) untuk mengukur fungsionalitas dan pengalaman pengguna. Hasil pengujian menunjukkan semua fitur aplikasi berjalan sesuai dengan harapan dan aplikasi memiliki tingkat kegunaan yang baik, dengan skor SUS rata-rata sebesar 74.1 (acceptable). Pendekatan Lean UX dalam pengembangan aplikasi blended learning ini efektif dalam menciptakan pengalaman pengguna yang positif, namun perlu disempurnakan untuk memastikan aksesibilitas dan kemudahan penggunaan yang lebih merata di kalangan pengguna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

instek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

The Scope topics include, but are not limited to : Agent System and Multi-Agent Systems Analysis & Design of Information System Artificial Intelligence Big Data and Data Mining Cloud & Grid Computing Computer Vision Cryptography Decision Support System DNA Computing E-Government E-Business ...