Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu guru-guru di SDN Patian II dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sesuai dengan Kurikulum Merdeka di Fase A (kelas 1 dan 2). Pembelajaran berdiferensiasi adalah metode yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan belajar individu siswa berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar mereka. Diharapkan bahwa penerapan metode ini akan meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, memaksimalkan potensi siswa, dan mendukung pencapaian profil siswa Pancasila. Kegiatan ini menggunakan pelatihan, pendampingan intensif, dan evaluasi implementasi. Kegiatan dimulai dengan menilai kebutuhan sekolah dan guru untuk mengetahui apa yang siswa pahami tentang pembelajaran berdiferensiasi. Kemudian, mereka diajarkan tentang ide-ide, prinsip, dan strategi pembelajaran diferensiasi, termasuk cara membuat RPP yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Melalui observasi langsung dan diskusi reflektif, guru dibantu dalam menerapkan strategi pembelajaran diferensiasi di kelas mereka. Hasilnya mencakup peningkatan kemampuan guru untuk merancang dan menerapkan pembelajaran yang berbeda, yang ditunjukkan dengan peningkatan kualitas RPP, ide-ide baru untuk pembelajaran, dan pengelolaan kelas yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa. Siswa juga menunjukkan peningkatan partisipasi aktif dan hasil belajar yang lebih baik. Kegiatan ini meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN Patian II. Namun, untuk terus menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, diperlukan pelatihan tambahan, supervisi, dan evaluasi rutin. Oleh karena itu, diharapkan bahwa program ini akan berfungsi sebagai model pengembangan profesional guru yang dapat disesuaikan dengan kurikulum dan kebutuhan siswa.
Copyrights © 2024