Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perkembangan teknologi berupa pembayaran nontunai dalam meningkatkan minat masyarakat dalam bersedekah khususnya di Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk memahami dan menganalisis literatur terkait transaksi sedekah non tunai. Objek penelitian ini adalah para donatur (muzakki) di Lazismu Bojonegoro. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara mendalam yang penulis lakukan dengan karyawan Lazismu Bojonegoro. Dengan animo masyarakat dalam berzakat, Lazismu selalu mendorong inovasi dan berupaya untuk mempermudah masyarakat dalam berzakat melalui berbagai layanan digital, baik digital banking, e-commerce maupun financial technology. Dalam upaya memaksimalkan penghimpunan dana tersebut, Lazismu menggandeng Gopay-Gojek. Nantinya masyarakat bisa berzakat melalui aplikasi Go-Pay Gojek. Namun hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini animo masyarakat Bojonegoro dalam melakukan sedekah non tunai atau E-sedekah masih rendah, karena masyarakat belum familiar dengan fitur sedekah di aplikasi Go-Pay Gojek. Dalam mengantisipasi permasalahan tersebut, Lazismu Bojonegoro terus melakukan inovasi melalui digitalisasi produk, sehingga animo masyarakat dalam berzakat tetap konsisten yaitu dengan menggunakan WhatsApp Blast, transfer melalui rekening bank atau melalui aplikasi pembayaran seperti LinkAja atau dengan jemput sedekah langsung ke muzakki. . karena masyarakat belum familiar dengan fitur sedekah di aplikasi Go-Pay Gojek. Dalam mengantisipasi permasalahan tersebut, Lazismu Bojonegoro terus melakukan inovasi melalui digitalisasi produk, sehingga animo masyarakat dalam berzakat tetap konsisten yaitu dengan menggunakan WhatsApp Blast, transfer melalui rekening bank atau melalui aplikasi pembayaran seperti LinkAja atau dengan jemput sedekah langsung ke muzakki. . karena masyarakat belum familiar dengan fitur sedekah di aplikasi Go-Pay Gojek. Dalam mengantisipasi permasalahan tersebut, Lazismu Bojonegoro terus melakukan inovasi melalui digitalisasi produk, sehingga animo masyarakat dalam berzakat tetap konsisten yaitu dengan menggunakan WhatsApp Blast, transfer melalui rekening bank atau melalui aplikasi pembayaran seperti LinkAja atau dengan jemput sedekah langsung ke muzakki. .
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022