Action Research Journal Indonesia (ARJI)
Vol. 6 No. 4 (2024): Action Research Journal Indonesia (ARJI)

Pengaruh Penggunaan AI Terhadap Peningkatan Critical Thinking Mahasiswa Teknologi Pendidikan

Gina Febriliant Ayuningtyas (Universitas Pendidikan Indonesia)
Hamdah Khaila Fahranie (Universitas Pendidikan Indonesia)
Intan Muslimah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sansan Hadiansyah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Shabrina Elzahra (Universitas Pendidikan Indonesia)
Budi Setiawan (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Artificial Intelligence (AI) terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa program studi Teknologi Pendidikan. Menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan mahasiswa angkatan 2022 Universitas Pendidikan Indonesia sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui angket daring dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan AI secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dengan kontribusi sebesar 53,2%. AI dimanfaatkan tidak hanya untuk menyelesaikan tugas secara instan tetapi juga untuk menganalisis, membandingkan, dan menyimpulkan informasi. Meski memberikan manfaat seperti efisiensi dan pemahaman materi yang lebih baik, penggunaan AI juga berpotensi menciptakan ketergantungan jika tidak dikelola dengan bijak. Oleh karena itu, diperlukan panduan dan pelatihan bagi mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi AI secara optimal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ARJI

Publisher

Subject

Education

Description

ARJI is a journal that publishes the results of scientific research in the field of education using classroom action research methods. The ARJI journal is published every 3 months, namely in March, June, September and December. The ARJI journal has been published since March 2019. The ARJI journal ...