ABSTRAKEndorsement merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang menggunakan jasa influencer dalam mempromosikan produk penjualan. Endorsement merupakan salah satu bentuk digital marketing yang menggunakan sosial media, yang dilakukan pembisnis bersama influencer bertujuan untuk meningkatkan minat beeli konsumen, peningkatan penjualan produk, kesadaaran masyarakat, serta peningkatan jumlah pengikut pada akun media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui efektivitas endorsement influencer pada media sosial instagram oleh online shop Fitmeee.id. Pengukuran efektivitas endorsement dapat dilihat dari indikator peningkatan minat beli konsumen pada online shop Fitmeee.id yang menggunakan konsep AIDA sebagai indikator penentuan yang meliputi Attention, Interest, Desire dan Action. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data dilakukan melalui observasi pada online shop Fitmeee.id, wawancara pemilik Fitmeee.id serta studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa endorsement influencer pada media sosial instagram online shop Fitmeee.id menunjukkan efektif dilakukan. Suatu kegiatan dapat dikatakan efektif apabila besar modal yang dikeluarkan sebanding dengan hasil yang diperoleh. Hal ini dapat dilihat berdasarkan jumlah pendapatan penjualan Fitmeee.id setelah melakukan endorsement pendapatan penjualan produk mengalami peningkatan. Selain itu juga adanya peningkatan minat beli terhadap produk yang ditawarkan Fitmeee.id dan penambahan jumlah pengikut dari setiap penggunaan endorsement.Kata Kunci: efektivitas, endorsement influencer, onlineshop.
Copyrights © 2024