Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan teknologi digital dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di SMP Perintis Bersama Sejahtera Medan Amplas. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pesatnya perkembangan teknologi informasi yang digunakan dalam pemanfaatan secara utama dalam dunia pendidikan guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain eksperimen semu, melibatkan dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi digital dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran umum. Data mengenai hasil belajar dikumpulkan melalui sesudah pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang penting antara kedua kelompok, di mana siswa yang mengikuti pembelajaran dengan bantuan teknologi digital menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan metode umum. Selain itu, penggunaan teknologi digital juga terbukti dapat meningkatkan pemahaman materi, motivasi belajar, dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, penerapan teknologi digital dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di tingkat sekolah menengah pertama.Penelitian ini meneliti penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VII, VIII, IX di sekolah SMP Perintis Bersama Sejahtera Medan Amplas sebanyak 43 siswa diambil dengan cara menghitung langsung yang terdiri dari 3 Ruangan.
Copyrights © 2024