Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 2 No 2 (2021): Desember

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI UKURAN PEMUSATAN DATA KELAS X

Hutasoit, Julinca (Unknown)
Sinaga, Rani Farida (Unknown)
Situmorang, Adi Suarman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan quizizz terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas X dalam materi ukuran pemusatan data di program keahlian perhotelan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan teknik probability sampling, di mana kelas X perhotelan-1 ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan kelas X perhotelan-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji- , maka diperoleh  sebesar 7,635. Untuk α= 0,05 dan  = 66-2 = 64 maka 0,05.64 = 3,2 maka diperoleh = 3,2 diperoleh  > , yang berarti tolak  dan terima  Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Nilai rata-rata literasi matematika siswa di kelas eksperimen adalah 83,774, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 67,543. Hasil uji  menunjukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen adalah 0,73 (kategori tinggi), sementara kelas kontrol memperoleh skor 0,51 (kategori sedang). Besar pengaruh model pembelajaran problem-based learning berbantuan quizizz terhadap literasi matematika siswa mencapai 72,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berbantuan quizizz berpengaruh terhadap literasi matematika siswa kelas X Perhotelan-1 SMK Negeri 14 Medan pada materi ukuran pemusatan data.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...