Tempat Penelitian diadakan di SMP Negeri 18 Medan dan ini dilaksanakan mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi model Project Based Learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Medan, dengan menggunakan metode penelitian eksperimen kuantitatif dengan Two Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 300 siswa. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Untuk memperoleh data, tugas menulis teks puisi digunakan dari analisis yang diperoleh kemampuan menulis teks puisi siswa di Kelas VIII SMP Negeri 18 Medan menggunakan pembelajaran diferensiasi dengan model Project Based Learning. Skor terendah sebesar 60 dan skor tertinggi sebesar 95 dengan rata-rata 80,17. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan diperoleh thitung = 9.82456 dan ttabel = 1.67155 dengan taraf signifikansi 5% dengan df= (N1+N2)-2, df yaitu 58. Dari df 58 diperoleh taraf signifikansi 5%. = 1,67155 diperoleh berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan. dilakukan, terlihat Thitung>Ttabel sebesar 9,82456>1,67155. Dengan demikian hipotesis awal (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Jadi akan dinyatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunakan model Project Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks puisi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024