Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan kemampuan representatif mahasiswa di prodi pendidikan matematika FKIP UHN yang mengikuti mata kuliah media pembelajaran matemtika yang terdisi dari 2 kelas. Dengan teknik random sampling akan dipilah satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas kontrol. Besarnya peningkatan akan dilihat dengan menggunakan anova dan dilanjut dengan uji scheffe untuk melihat perbandingan yang tidak direncanakan rata-rata kelompok setiap kelas dalam analisis variannya. Hasil perhitungan normalitas dan homogenitas menunjukkan nilai signifikan data > 0,05 yang artnya seluruh data berdistribusi normal dan varians seluruh data seluruh kelas adalah homogen atau sama. Hasil perhitungan N-Gain terlihat bahwa kualitas peningkatan kemampuan representatif siswa kelas eksperimen sebesar 0, 33 dan kelas kontrol sebesar 0, 30 yang artinya bahwa model pembelajaran Novick dapat meningkatkan kemampuan representatif mahasiswa yang mengikuti mata kuliah matematika ekonomi dan bisnis. Selanjutnya hasil Anova menunjukkan adanya peningkatan kemampuan representatif mahasiswa yang memperoleh pembelajaran model novick lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajara konvensional dan hasil uji Scheffe menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan representatif matematis mahasiswa secara keseluruhan lebih banyak dipengaruhi oleh perlakuan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024