Teknologi memainkan peran sentral dalam pembelajaran berbasis digital saat ini. Dengan pemanfaatan teknologi, proses pembelajaran menjadi lebih efisien dan fleksibel. teknologi dalam pembelajaran dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan, kemampuan komunikasi, motivasi, dan berpikir kritis . Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi sebagai sarana pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan efektivitas belajar di era digital. Canva adalah platform desain grafis yang memungkinkan pengguna membuat berbagai jenis materi visual dengan mudah. seperti gambar, grafik, dan presentasi dengan berbagai template dan desain yang tersedia. Canva dapat memberikan banyak manfaat dalam pembelajaran diantaranya: meningkatkan kreativitas, meningkatkan kualitas prestasi, memperkuat kompetensi ICT, meningkatkan sikap kolaborasi dan memperluas pemahaman tentang media literasi. Penggunaan aplikasi Canva dapat dianggap sebagai inovasi pembelajaran bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh (UMMAH) pada mata kuliah Media Literasi ICT dan Media Pembelajaran Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan platform media pembelajaran melalui aplikasi canva sebagai inovasi pembelajaran mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh (UMMAH) pada mata kuliah Media Literasi ICT dan Media Pembelajaran Ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan (action research) penelitian tindakan merupakan salah satu pendekatan penelitian ilmiah yang mempunyai dua tujuan yaitu mengambil tindakan (untuk perbaikan) dan membangun pengetahuan atau teori tentang tindakan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024