ARINI: Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru
Vol. 1 No. 1 (2024): ARINI: Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru

Profesionalisme Guru dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Siswa

Radiyanto Sam (SMPN 2 Kluet Selatan, Aceh, Indonesia)
Cut Sulastri (SMA Negeri 5 Darul Makmur, Aceh, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi profesionalisme guru dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa, dengan fokus pada tiga aspek utama: pengembangan profesional berkelanjutan, komunikasi dan manajemen kelas yang efektif, serta menjalin hubungan positif dengan siswa. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya kualitas pendidikan dalam menghadapi tantangan globalisasi dan teknologi, serta peran kunci guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) yang menggabungkan survei kuantitatif dan wawancara kualitatif dengan guru dan siswa di beberapa sekolah menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan profesional berkelanjutan, seperti pelatihan dan penelitian tindakan kelas, meningkatkan kompetensi dan inovasi guru dalam pengajaran. Komunikasi yang jelas dan manajemen kelas yang baik menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, sedangkan hubungan positif dengan siswa meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka. Kesimpulannya, profesionalisme guru yang ditingkatkan melalui pengembangan berkelanjutan, komunikasi efektif, dan hubungan yang baik dengan siswa, secara signifikan berkontribusi pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya investasi dalam pelatihan dan dukungan bagi guru untuk mencapai kualitas pendidikan yang lebih tinggi, yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi akademik dan perkembangan pribadi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arini

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

ARINI: Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru merupakan Jurnal yang diterbitkan 2 (dua) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember oleh FANSHUR INSTITUTE: Research and Knowledge Sharing in Aceh. Sebagai Jurnal Ilmiah dan Karya Inovasi Guru merupakan inisiatif atau proyek yang dilakukan ...