Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi profesionalisme guru dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa, dengan fokus pada tiga aspek utama: pengembangan profesional berkelanjutan, komunikasi dan manajemen kelas yang efektif, serta menjalin hubungan positif dengan siswa. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya kualitas pendidikan dalam menghadapi tantangan globalisasi dan teknologi, serta peran kunci guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) yang menggabungkan survei kuantitatif dan wawancara kualitatif dengan guru dan siswa di beberapa sekolah menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan profesional berkelanjutan, seperti pelatihan dan penelitian tindakan kelas, meningkatkan kompetensi dan inovasi guru dalam pengajaran. Komunikasi yang jelas dan manajemen kelas yang baik menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, sedangkan hubungan positif dengan siswa meningkatkan motivasi dan keterlibatan mereka. Kesimpulannya, profesionalisme guru yang ditingkatkan melalui pengembangan berkelanjutan, komunikasi efektif, dan hubungan yang baik dengan siswa, secara signifikan berkontribusi pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya investasi dalam pelatihan dan dukungan bagi guru untuk mencapai kualitas pendidikan yang lebih tinggi, yang pada akhirnya akan meningkatkan prestasi akademik dan perkembangan pribadi siswa.
Copyrights © 2024