Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseach) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika mahasiswa melalui pembelajaran langsung(Direct Instruction) dengan pendekatan kontekstual pada mahasiswa semester 1 Program Studi S1 Farmasi Universitas Muhammadiyah Mataram. Dengan jumlah Mahasiswa sebanyak 40 orang, 17 orang laki-laki dan 23 orang perempuan. Siklus I dilakukan selama 4 kali pertemuan dan siklus II selama 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika mahasiswa setelah penerapan pembelajaran langsung dengan pendekatan kontekstual pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 54,25 dengan skor maksimum yang dicapai 80 dan simpangan baku sebesar 15,21. Pada siklus II skor rata-rata sebesar 69,63 dengan skor maksimum yang dicapai 100 dan simpangan baku sebesar 13,84. Dengan rata-rata 54,25 yang diperoleh pada siklus I dikategorikan rendah dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata 69,63 dikategorikan tinggi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran langsung dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan meningkatkan kehadiran, keaktifan, dan keterampilan siswa selama proses belajar mengajar berlangsung.
Copyrights © 2024