DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 5 No. 2 (2024): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Analisis Kemampuan Koneksi Matematika dan Self Convidence Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Kontekstual

Fathurrahman, Fathurrahman (Unknown)
Sudarmin, Sudarmin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematik dan self confidence siswa melalui model pembelajaran kontekstual. Penelitian in merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes uraian dan angket self confidence. Dari hasil penyelesaian tes uraian siswa, diperoleh bahwa tingkat kemampuan koneksi matematik melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa SMP Negeri 2 Ntonggu masih tergolong rendah. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya siswa kurang memahami materi serta siswa tidak mampu mentransformasikan persoalan yang diajukan ke dalam pengetahuan yang dimilikinya. Hal itu dapat terlihat dari kesalahan siswa dalam pengerjaan tes uraian. Sementara itu, meskipun hasil tes uraian koneksi matematik masih rendah, namun skala sikap self confidence siswa tersebut sudah cukup baik yaitu 72,15%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...