Economica Didactica
Vol 4, No 2 (2023): Economics Education

STRATEGI MARKETING MIX TOKO BUKU GRAMEDIA CABANG BANDA ACEH DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN

Irma Anggraini (Unknown)
Eva Arumma (Unknown)
Amrusi Amrusi (Unknown)
Achmad Mustofa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Pergerakan dunia usaha yang berkembang begitu pesat saat ini menempatkan begitu pentingnya ilmu manajemen pemasaran. Setiap pelaku usaha dituntut untuk memiliki strategi sistematis dan terukur sehingga dapat memperoleh keuntungan maksimal. Skripsi ini berjudul Strategi marketing mix Toko Buku Gramedia Cabang Banda Aceh Dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Penerapan strategi marketing mix Toko Buku Gramedia dalam meningkatkan volume penjualan, (2) Faktor-faktor yang menghambat penerapan strategi marketing mix terhadap penjualan buku. Jenis penelitian ini ialah deskriptif pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sujek dalm penelitian ini adalah Store Manajer Toko Buku Gramedia Cabang Banda Aceh dan Sales Superintendet yang bertanggung jawab dibagian strategi dan pelaksanaan pemasaran di Toko Buku Gramedia, sementara yang menjadi objek di penelitian ini ialah strategi marketing mix Toko Buku Gramedia Cabang Banda Aceh dalam meningkatkan volume penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan strategi marketing mix di Toko Buku Gramedia Banda Aceh sudah sesuai dengan landasan teoritis baik dalam segi produk (product), tempat (place), harga (price), promosi (promotion), hal tersebut terlihat dari kemampuannya dalam meningkatkan volume penjualan. Adapun (2) Hambatan yang terjadi dalam pelaksanaannya adalah efektivitas kegiatan promosi yang dilakukan, hal ini dilatar belakangi oleh pesan-pesan yang dipromosikan tidak sampai ke konsumen sehingga penjualan melalui platform Toko Buku Gramedia Banda Aceh (MyValue, Grago dan Gramedia.com) tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Dalam strategi harga, Toko Buku Gramedia senantiasa selalu memberikan penawaran-penawaran spesial berupa diskon dan lain sebagainya untuk menjaga loyalitas pelanggan dan menjaga citra image perusahaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JED

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of Economica Didactica offers original articles on teaching economics. In its pages, leading scholars evaluate innovations in teaching techniques, materials, and programs. Instructors of introductory through graduate level economics will find the journal an indispensable resource for ...