Siswa sering mengalami kesulitan belajar di berbagai jenjang pendidikan, termasuk di sekolah dasar. Masalah ini disebabkan oleh banyak hal, mulai dari faktor internal seperti gangguan belajar tertentu, kurangnya motivasi, hingga hal-hal eksternal seperti lingkungan belajar atau metode pembelajaran yang tidak efektif. Dengan demikian perlunya penanganan khusus harus dilakukan pihak sekolah dalam menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan siswa yang mengalami kesulitan belajar akademik di SDN Wiyung 1 / 453 Surabaya dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung di sekolah, wawancara menyeluruh dengan beberapa guru pengajar. Penelitian ini meliputi identifikasi kesulitan belajar, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa, strategi mengatasi kesulitan belajar, serta peran guru dan orang tua di dalamnya. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa disebabkan oleh faktor individual, lingkungan sekolah dan dukungan guru serta orang tua. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pendekatan yang lebih dalam mendukung siswa yang mengalami kesulitan belajar, termasuk pengembangan strategi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan individu siswa. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dan pengambil kebijakan dalam merancang intervensi yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024