Industri perhotelan terus mengalami perkembangan pesat, yang mendorong persaingan ketat antar hotel untuk menarik lebih banyak wisatawan. Dalam menghadapi persaingan ini, hotel perlu mengadopsi strategi efektif yang mampu meningkatkan minat beli calon tamu. Salah satu strategi yang kerap digunakan adalah penetapan harga dan promosi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh harga dan promosi terhadap minat beli kamar di Hotel X. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Populasi dalam penelitian ini melibatkan pengikut aktif media sosial Instagram Hotel X. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan metode purposive sampling. Kuesioner akan disebarkan menggunakan google form dengan menggunakan skala likert 5 poin untuk mengukur 23 item pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi dengan bantuan program SPSS for windows version 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial maupun simultan antara harga dan promosi terhadap minat beli kamar di Hotel X. Harga dan promosi memberikan pengaruh sebesar 64,4% terhadap minat beli kamar, sedangkan sisanya sebesar 35,6% disebabkan oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini.
Copyrights © 2024