Action Research Literate (ARL)
Vol. 8 No. 12 (2024): Action Research Literate

Pengaruh Tourism Experience Economy, Tourist Engagement & Overall Satisfaction Dalam Menciptakan Intensi Berbagi Word Of Mouth (WOM) Wisatawan Mancanegara di Desa Wisata Pinge, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali

Darmateja, I Made Sugita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menganalisa pengaruh dari tourism experience economy, tourist engagement dan overall satisfaction dalam menciptakan intensi prilaku berbagi word of mouth (WOM) wisatawan mancanegara di Desa Wisata Pinge, Bali dengan mengaplikasikan konstruk model hirarki.. Data dari 143 sampel responden dikumpukan pada periode waktu penelitian Agustus hingga Desember 2023 untuk digunakan dalam analisa hubungan kausal. Di dalam model penelitian ini, tourism experience economy dan tourist engagement diposisikan sebagai konstruk second order yang secara teori memiliki pengaruh pada overall satisfaction sebagai anteseden dari penciptaan intensi berbagi word of mouth (WOM). Dalam analisa model struktural, hasil yang ditemukan adalah konstruk tourism experience economy secara signifikan berpengaruh pada overall satisfaction dengan nilai koefisien 0,670; dan kepuasan menyeluruh wisatawan secara signifikan berpengaruh positif juga pada intensi wisatawan mancanegara untuk berbagi word of mouth (WOM) di Desa Wisata Pinge dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,580..

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arl

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences

Description

Action Research Literate is a scientific journal in the form of research and can be accessed openly. This journal is published biannual by Syntax Corporation Indonesia. Development of the company make the this Journal is transferred management to the Ridwan Institute which became the part of of ...