Millatuna: Jurnal Studi Islam
Vol. 1 No. 04 (2024): Studi Islam

i Strategi Mengajar Guru untuk Mencegah Perilaku Riya' di Media Sosial pada Siswa di MAN 8 Jombang

Sabrienda Najwa A (Unknown)
Suwandi (Unknown)
Lukman Hakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2024

Abstract

Kemajuan teknologi dan pesatnya perkembangan media sosial memberikan dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan dan perilaku siswa. Salah satu fenomena yang muncul adalah perilaku riya', yaitu tindakan memamerkan amal kebaikan untuk mendapatkan pengakuan atau pujian, yang semakin sering terjadi melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menggali strategi yang diterapkan oleh guru Aqidah Akhlak di MAN 8 Jombang dalam mencegah perilaku riya' di kalangan siswa kelas X. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara semi-terstruktur kepada guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan meliputi diskusi kelompok, pembuatan kesimpulan materi, dan penerapan konsep tahadduts bin ni’mah untuk mengajarkan pentingnya bersyukur tanpa memamerkan nikmat. Strategi ini membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai keikhlasan dan mengarahkan mereka untuk menggunakan media sosial secara bijak. Dengan demikian, langkah-langkah tersebut tidak hanya efektif dalam mencegah perilaku riya' tetapi juga dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai agama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

millatuna

Publisher

Subject

Religion Humanities Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Other

Description

Millatuna: Jurnal Studi Islam adalah publikasi multi-disiplin yang didedikasikan untuk studi ilmiah semua aspek berkaitan dengan Islam dan dunia Islam. Perhatian khusus diberikan pada karya-karya yang berhubungan dengan pendidikan Islam, Hukum Islam, Manajemen pendidikan Islam, Komunikasi dan ...