ABSTRAK. Anak usia dini memiliki kreativitas yang tinggi namun kemampuan tersebut tidak didukung dilingkungan sekolah maupun keluarga sehingga tidak dapat mengeksplor kemapuan kreativitasnya pada hal kreativitas dapat dikembangkan sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas anak usia dini melalui pembelajaran seni kompang di TK Islam Bengkalis. Dengan Kompang Anak bisa mengembangkan kreatifitasnya melalui tabuhan kompang yang bervariasi, tabuhan kompang dimainkan dengan menggunakan jari atau telapak tangan yang dapat membentuk kelenturan, kekuatan otot secara terkoordinasi serta melatih keberanian anak. Kompang sebagai salah satu alat musik tradisioanal yang diwarisi turun temurun sebagai budaya yang dilestarikan oleh masyarakat dan dimainkan ketika menyambut hari-hari besar agama maupun acara penyambutan tamu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tidakan kelas dengan empat pertemuan dan dua siklus, tahapan dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dekumentasi, Setelah dilakukan pengumpulan data dan analisis data, maka dapat diketahui pengembangan kreatifitas anak usia dini melalui pembelajaran seni kompang di TK Islam Bengkalis dengan nilai baik, jumlah presentase 58% dalam katagori berkembamng sesuai harapan. Kata Kunci: Kreativitas, Pembelajaran, Seni Kompang ABSTRACT. Early childhood has high creativity but this ability is not supported in the school and family environment so that it cannot explore its creative abilities in terms of creativity can be developed from an early age. This study aims to develop early childhood creativity through kompang art learning at Bengkalis Islamic Kindergarten. With Kompang, children can develop their creativity through varied kompang beats, kompang beats are played using fingers or palms that can form flexibility, muscle strength in a coordinated manner and train children's courage. Kompang as one of the traditional musical instruments inherited from generation to generation as a culture that is preserved by the community and played when welcoming religious holidays and welcoming guests. The research method used is classroom action research with four meetings and two cycles, the stages in each cycle consist of planning, implementation, observation and reflection. data collection techniques using observation and documentation, After data collection and data analysis, it can be seen that the development of early childhood creativity through kompang art learning in Bengkalis Islamic Kindergarten with good grades, the total percentage is 58% in the category of developing as expected. Keyword: Creativity, Learning, Kompang Art
Copyrights © 2023