Pesatnya perkembangan media sosial di kalangan mahasiswa membuat kemajuan yang besar dan menjadikannya suatu kebutuhan dalam memberi pemahaman tentang perkembangan dunia seperti: mendapatkan wawasan, hiburan, informasi peristiwa/ kejadian dan informasi kesehatan, kebebasan dalam menggunakan media sosial akan menimbulkan berbagai penyalahgunaan dalam bentuk kenalakan remaja biasa disebut cyberbullying. Untuk Mengetahui pengaruh psikoedukasi terhadap kejadian cyberbullying pada mahasiswa baru di STIKes Alifah Padang. Jenis penelitian yaitu Pre Eksperimen dengan desain One Group pre-post test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa baru program studi keperawatan STIKes Alifah Padang angkatan 2023 berjumlah 254 orang dengan sampel berjumlah 72 orang melalui simple random sampling. Penelitian dilakukan di kampus STIKes Alifah Padang. Instrumen penelitian cyberbullying menggunakan RCBI (Revised Cyber Bullying Inventory) yang disebut dengan KISI (Kuisioner Interaksi Sosial di Internet) Dan psikoedukasi menggunakan modul. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat yang disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan analisa bivariat menggunakan uji t-test. Ada pengaruh pengetahuan mahasiswa tentang cyberbullying sebelum dan sesudah diberikan psikoedukasi dengan nilai pre-test mean 37.60 dan post-test mean 44.80 p-value 0.000 (p<0.05). ada pengaruh sikap mahasiswa tentang cyberbullying sebelum dan sesudah diberikan psikoedukasi dengan nilai pre-test mean 34.30 dan post-test mean 40.00 p-value 0.003 (p<0.05). ada pengaruh tindakan mahasiswa tentang cyberbullying sebelum dan sesudah diberikan psikoedukasi dengan nilai pre-test mean 32.80 dan post-test mean 39.00 p-value 0.001 (p<0.05). Terjadi peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan mahasiswa tentang cyberbullying sebelum dan sesudah diberikan psikoedukasi, pemberian psikoedukasi sama-sama berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan Tindakan mahasiswa. Diharapkan kepada mahasiswa agar lebih bijak lagi menggunakan media sosial dan lebih aktif untuk menambah pengetahuan, sikap dan tindakan tentang cyberbullying yang dapat meningkatkan perilaku baik.
Copyrights © 2024