Latar Belakang : Secara global prevalensi kasus bullying di kalangan anak usia sekolahmenunjukkan tren yang mengkhawatirkan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yangmenjadi korban bullying sering mengalami dampak negatif secara emosional, sosial, dan akademis.Mereka dapat mengalami stres, kecemasan, depresi, bahkan dalam kasus ekstrem, menyebabkanisolasi dan bahaya kesehatan mental yang lebih serius. Selain itu, lingkungan sekolah yangtidak aman dan terancam oleh kekerasan juga dapat mengganggu proses pembelajaran danmenciptakan ketidaknyamanan yang meluas di antara siswa. Peningkatan kesadaran anti-bullying yangdilakukan dengan pemutaran video dalam psikoterapi disebut juga dengan Videotherapy. Videotherapyadalah sebuah teknologi terbaik dalam proses dan kemajuan dari psikoterapi. Video memiliki kelebihanmem-feedback kembali perasaan, emosi dan masalah yang dihadapi klien melalui penayangan video.Video efektif membantu mengatasi masalah klien yang dihadapi melalui penayangan video yang sesuaidengan masalah klien. Tujuan Penelitian ini untuk megetahui pengaruh vidiotherapy terhadap kesadarananti – bullying di sekolah pada anak usia sekolah di SDN 05 Kp Jawa Kota Pariaman.Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan pendekatan one-group pretest-posttesdesign.Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2023 sampai dengan Agustus 2024. Pengambilandata dilakukan pada tanggal 22 Juli – 25 Juli 2024. Sampel pada penelitian ini berjumlah 18 orangresponden.Hasil Penelitian : Uji statistik dengan menggunakan uji paired t-test dan didapatkan hasil pvalue 0,000 artinya terdapat pengaruh rerata skor sebelum dan sesudah dilakukan videotherapy terhadapkesadaran anti-bullying di SDN 05 Kp Jawa Kota Pariaman. Kesimpulan : Adanya pengaruhvidiotherapy terhadap kesadaran anti-bulyingKeyword : Anak Usia Sekolah, Bulying, Vidiotherapy
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024