Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol. 3 No. 2 (2024): Desember (Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora)

Peningkatan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Seni Musik

Bestandani, Irene (Unknown)
Syamsurrijal (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2024

Abstract

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang diajarkan secara luas di penjuru dunia. Saat ini, bahasa Inggris berfungsi sebagai alat komunikasi yang penting dan mencerminkan perkembangan budaya dan teknologi global. Maka dari itu, dengan membuat mata pelajaran bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib, diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dikemudian hari. Namun, meskipun hampir seluruh sekolah di Indonesia sudah menerapkan mata pelajaran Bahasa Inggris, masih banyak siswa yang merasa kesulitan dalam mengembangkan kosa kata atau vocabulary. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan mengintegrasikan musik sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dalam bahasa Inggris terhadap pengembangan vocabulary siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bahasa Inggris. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dengan cara seperti wawancara, observasi langsung, dan analisis data. Tujuan ini memberikan bukti bahwa media musik dalam bahasa Inggris dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan kemampuan kosa kata siswa, guna mendukung pembelajaran bahasa yang lebih menyenangkan dan efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jishum

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JISHUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora [e-ISSN 2962-0120] | DOI 10.57248] is intended to develop itself as a pioneer journal in social sciences and humanities. Starting from the year 2022, it publishes all papers in English and Indonesian. Areas relevant to the scope of the journal include Social ...