Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan
Vol. 3 No. 1 (2024): Jurnal Integrasi Manajemen Pendidikan (JIMPE)

Supervisi Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Kompetensi Mengajar Guru PAI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palu

Rahmah, Nurul Aulya (Unknown)
Sagaf S. Pettalongi (Unknown)
Rustina, Rustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Tesis ini berkenaan dengan “Supervisi Kepala Madrasah dalam mengembangkan kompetensi mengajar guru PAI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palu”. Adapun yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan supervisi Kepala Madrasah dalam mengembangkan kompetensi mengajar guru PAI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palu (2) Apa faktor pendukung dan penghambat supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik mengajar guru PAI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palu. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Selanjutnya analisis lapangan yang dimaksud adalah bersifat induktif guna mengetahui penelitian secara umum maupun secara khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Pelaksanaan supervisi Kepala Madrasah dalam mengembangkan kompetensi mengajar guru PAI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palu yaitu melakukan pembinaan dan pengembangan kurikulum, perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran serta pengembangan sumber daya guru di sekolah. (2). Faktor pendukung dan penghambat supervisi kepala madrasah dalam mengembangkan kompetensi pedagogik mengajar guru PAI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palu yaitu terjalinnya silaturrahmi yang baik, komunikasi yang baik ketika didalam madrasah maupun diluar madrasah, kesiapan mental guru, tertibnya kondisi di dalam kelas ketika sedang berlangsung proses pembelajaran. Faktor penghambat terlaksananya supervisi adalah kurangnya kesadaran guru, adanya masalah pribadi pada guru tersebut. Implikasi penelitian ini adalah menyarankan yaitu agar kepala madrasah memahami dan mencari informasi-informasi seputar model-model pelaksanaan supervisi dan mencoba untuk mengambil dan menerapkan beberapa model yang dirasa mampu untuk dijalankan nantinya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jimpe

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Jurnal Intergrasi Manajemen Pendidikan bertujuan untuk mempublikasikan hasil hasil penelitian yang berkaitan dengan manajmen pendidikan baik pendidikan terutama manajemen pendidikan dalam kontek ke Islaman. Fokus dan scope nya yaitu manajemen pendidikan Islam, administrasi pendidikan, lembaga ...