Jurnal Aksioma Al-Musaqoh
Vol 7 No 2 (2024): DESEMBER 2024

Pengaruh Label Halal dan Kemasan pada Produk Makanan Terhadap Minat Beli Konsumen

Yunia, Noorma (Unknown)
Budiman (Unknown)
Solihah, Niah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini menyoroti pentingnya label halal bagi konsumen Muslim di Indonesia, yang memerlukan jaminan kehalalan pada produk makanan kemasan. Di Desa Sindangsari, banyak masyarakat yang belum memperhatikan label halal saat membeli produk. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Label Halal pada produk makanan terhadap Minat Beli Konsumen, untuk mengetahui pengaruh Kemasan pada produk makanan terhadap Minat Beli Konsumen dan untuk mengetahui pengaruh Label Halal dan Kemasan pada produk makanan terhadap Minat Beli Konsumen di Desa Sindangsari Kec. Sajira Leabk Banten. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat Desa Sindangsari yang berusia 18-35 tahun sebanyak 1.04orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability sampling dengan kategori proposive sampling sebanyak 62 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, kajian pustaka, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji t, dan uji F. Dengan bantuan Software SPSS V29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Variabel Label Halal pada produk makanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen, variabel Kemasan pada produk makanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen, Variabel Label Halal dan Kemasan pada produk makanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Konsumen di Desa Sindangsari Kec. Sajira Leabk Banten. Kontribusi Label Halal dan Kemasan terhadap Minat Beli Konsumen sebesar 31,00% sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain di luar variabel penelitian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JAM

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Aksioma Al-Musaqoh dikelola Program Studi Ekonomi Syariah dan diterbitkan oleh LPPM STAI La Tansa Mashiro. Sejak Volume 1 Nomor 1 Januari 2018, sebagai terbitan perdana, berkala dengan Frekuensi terbit yakni dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan bulan ...