Mutu pelayanan merupakan faktor penting yang dapat membentuk kepercayaan pasien kepada Puskesmas sehingga tercipta loyalitas mereka sebagai konsumen jasa pelayanan kesehatan. Tercatat sepanjang tahun 2023 mutu pelayanan Puskesmas di Kota Padang masih bermasalah terutama pada bagian sarana prasarana dan kualitas layanan yang diberikan. Tentunya hal ini dapat teratasi jika pelaksanaan manajemen di Puskesmas juga baik dan terstandar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara manajemen puskesmas terhadap mutu pelayanan diĀ 23 puskesmas dengan jumlah sampel 46 orang di Kota Padang. Metode yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif dengan teknik penentuan sampel secara total sampling di 23 Puskesmas Kota Padang. Analisis data menggunakan analisis Bivariate dan uji Korelasi Pearson. Hasil penelitianĀ menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara manajemen Puskesmas dan mutu pelayanan, dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0,68 (p < 0,01).
Copyrights © 2024