JIK- JURNAL ILMU KESEHATAN
Vol 8, No 2 (2024): JIK-Oktober Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024

Manajemen Puskesmas Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas di Kota Padang

Asyari, Dian Paramitha (Unknown)
Azkha, Nizwardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2024

Abstract

Mutu pelayanan merupakan faktor penting yang dapat membentuk kepercayaan pasien kepada Puskesmas sehingga tercipta loyalitas mereka sebagai konsumen jasa pelayanan kesehatan. Tercatat sepanjang tahun 2023 mutu pelayanan Puskesmas di Kota Padang masih bermasalah terutama pada bagian sarana prasarana dan kualitas layanan yang diberikan. Tentunya hal ini dapat teratasi jika pelaksanaan manajemen di Puskesmas juga baik dan terstandar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara manajemen puskesmas terhadap mutu pelayanan diĀ  23 puskesmas dengan jumlah sampel 46 orang di Kota Padang. Metode yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif dengan teknik penentuan sampel secara total sampling di 23 Puskesmas Kota Padang. Analisis data menggunakan analisis Bivariate dan uji Korelasi Pearson. Hasil penelitianĀ  menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara manajemen Puskesmas dan mutu pelayanan, dengan nilai korelasi Pearson sebesar 0,68 (p < 0,01).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalkes

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

Provides a form for original research and scholarship relevant to Ners, Midwife, Public Health and other health related ...