Prosedur klaim penting untuk mendapatkan penggantian biaya pelayanan kesehatan. Permasalahan didalam pelaksanaan prosedur klaim rumah sakit pada komponen autentifikasi penulisan dan audit pencatatan yang belum baik, masih menjadi penyebab resume medis pasien dikembalikan oleh verifikator BPJS Kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan prosedur klaim rumah sakit pada BPJS Kesehatan Kantor Cabang X tahun 2024. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam. Penelitian dilakukan Maret-Agustus tahun 2024 menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, dan lembar check list dokumen. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian didapatkan jumlah petugas koding masih kurang, sementara jumlah verifikator BPJS Kesehatan sudah mencukupi, sarana prasarana pelaksanaan prosedur klaim rumah sakit sudah lengkap. Metode yang digunakan oleh BPJS Kesehatan sesuai dengan bisnis proses dan pihak rumah sakit sesuai Perjanjian Kerja Sama. Namun, proses melengkapi berkas klaim belum optimal berkas yang diserahkan tidak lengkap dan terlambat sehingga beberapa berkas klaim tidak lolos verifikasi. Klaim yang diajukan belum lengkap dan tidak tepat waktu, beberapa klaim dipending akibat adanya kesalahan klaim saat proses verifikasi. Disarankan petugas koding memastikan semua berkas klaim lengkap dan diserahkan tepat waktu. BPJS Kesehatan diharapkan memberikan peringatan tegas kepada rumah sakit yang tidak lengkap dan terlambat dalam menyerahkan berkas klaim.
Copyrights © 2024