Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 8 No 4 (2024): Volume 8, Nomor 4 Tahun 2024

Aplikasi Media Pengenalan Sila Pertama Pancasila Menggunakan Augmented Reality Berbasis Problem Based Learning

Trisa Ayu Sadila (Unknown)
Mandra Saragih (Unknown)
Irayanti Masta (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian tindakan kelas pada jurnal ini adalah agar adanya peningkatan pemahaman siswa kelas II-B di SD Negeri 060857 Medan Durung tentang Sila Pertama Pancasila. Penelitian ini melakukannya dengan mengembangkan media pembelajaran yaitu aplikasi Augmented Reality (AR) yang diintegrasikan dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Tujuan dari pengembangan aplikasi AR adalah agar peserta didik mendapatkan pengetahuan yang lebih baik tentang Sila Pertama Pancasila. Penelitian tersebut dilakukan dalam beberapa siklus, termasuk perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Observasi, wawancara, dan data hasil belajar diperoleh untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis PBL yang dikombinasikan dengan aplikasi AR bisa mendapatkan kemajuan pada hasil belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...