Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia
Vol. 9 No. 2 (2020): Agustus

Kepuasan Anggota di Era Digital atas Pelanyanan Koperasi di Kota Madya Depok

Sinulingga, Gairah (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2020

Abstract

Era Digital merupakan era dimana semua kegiatan menjadi efisein dan efektif dengan memanfaatkan aplikasi hasil pengembangan teknologi pada perekonomian. Koperasi sebagai salah satu lembaga ekonomi juga dapat memanfaatkan aplikasi bisnis untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang berdampak terhadap peningkatan kepuasan anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan informasi berupa penjelasan yang lebih mendalam tentang pengaruh kualitas pelanyanan terhadap tingkat kepuasan Anggota Koperasi. Dan memperoleh hasil olahan data tentang seberapa besar pengaruh kualitas pelanyanan terhadap tingkat kepuasan Anggota Koperasi di Kota Madya Depok. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini data yang diperoleh baik yang bersifat kuantitatif maupun yang bersifat kualitatif yang diteliti dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif, yakni dengan cara wawancara dan memberikan kuesioner kepada 87 responden, anggota dengan metode probability sampling. Sebagai sarana untuk memperoleh data yang akurat. Data diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS seri 22.00. Hasil penelitian menunjukkan Kualitas Pelanyanan mempunyai pengaruh terhadap Tingkat Kepuasan dengan jumlah presentasi 22,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 77.9%. Analisa korelasi memperoleh nilai r sebesar 0,470 dapat disimpulkan bahwa antara Kualitas Pelanyanan terhadap Tingkat Kepuasan anggota memiliki hubungan. Persamaan regresi diperoleh hasil Y = 2.206 + 0,453X, disimpulkan bahwa jika tidak ada Kualitas Pelayanan, maka Tingkat Kepuasan Anggota tetap ada sebesar 2.206. Hipotesis dibuktikan atas koefesien regresi variabel bebas dengan uji t, diperoleh hasil bahwa koefesien variabel X terhadap kepuasan transaksi signifikan. Hal tersebut dapat diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 4.905 > t tabel 1,988, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kata kunci: Era Digital, Koperasi, Pelanyanan, Kepuasan Anggota

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

lppm

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia (JMRBI) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan untuk memfasilitasi publikasi hasil penelitian dalam bidang manajemen dan bisnis di Indonesia. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi bisnis dalam mempublikasikan temuan ...