cover
Contact Name
Gairah Sinulingga
Contact Email
lppm@stiembi.ac.id
Phone
+6285280000302
Journal Mail Official
lppm@stiembi.ac.id
Editorial Address
Jl. Komjen Pol. M. Jasin No. 89 Kelapa Dua Cimanggis, Depok, Jawa Barat
Location
Kota depok,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia
ISSN : 20893663     EISSN : 30645034     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia (JMRBI) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan untuk memfasilitasi publikasi hasil penelitian dalam bidang manajemen dan bisnis di Indonesia. Jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi bisnis dalam mempublikasikan temuan riset mereka serta berbagi pengetahuan dan inovasi terbaru di bidang manajemen dan bisnis. JMRBI fokus pada berbagai topik yang relevan dengan manajemen dan bisnis, termasuk namun tidak terbatas pada manajemen strategis, manajemen operasional, manajemen sumber daya manusia, pemasaran, keuangan, kewirausahaan, serta inovasi dan teknologi dalam bisnis. Jurnal ini menerima artikel penelitian empiris, tinjauan literatur, studi kasus, serta artikel konseptual yang memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan ilmu manajemen dan bisnis di Indonesia.
Articles 105 Documents
Analisis Rasio Laporan Keuangan Secara Komparatif Sebagai Dasar Penilaian Kinerja Keuangan PT Pengerukan Indonesia Silvan, Andi
Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia Vol. 9 No. 5 (2019): Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia
Publisher : STIE Manajemen Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan analisis terhadap penyajian laporan keuangan. Penyusunan laporan keuangan perusahaan harus berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan yang berlaku, dan laporan keuangan harus dapat memberikan informasi yang memadai mengenai aktiva (aset), liabilitas (kewajiban), dan modal (ekuitas). Untuk itu, diperlukan analisis laporan keuangan. Penelitian ini merupakan studi kasus dengan data kuantitatif yang bersumber dari laporan keuangan PT Pengerukan Indonesia. Teknik analisis data dengan membandingkan rasio-rasio keuangan untuk tahun buku 2016 sampai dengan 2018 yaitu rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio rentabilitas, dan rasio aktivitas. Hasil dari penelitian ini Laporan keuangan PT Pengerukan Indonesia telah disajikan sesuai dengan PSAK. Diperoleh kesimpulan bahwa hasil rasio keuangan menunjukan kinerja keuangan yang belum memadai dan dari hasil analisis rasio keuangan komparatif laporan keuangan, perusahaan perlu melakukan pembenahan di segala bidang. Kata kunci: Rasio Keuangan, Laba Rugi, Neraca, PSAK. Abstract This research is an analysis of the presentation of financial statements, preparation of company financial statements must be based on applicable Financial Accounting Standards, and financial statements must be able to provide adequate information about assets, liabilities, and capital (equity). For this reason, financial statement analysis is needed. This research is a case study with quantitative data sourced from the financial statement of PT Pengerukan Indonesia. Data analysis techniques by comparing financial ratios from fiscal year 2016 to 2018 are liquidity ratios, solvency ratios, profitability ratios, and activity ratios.Results of this study the financial statements of PT Pengerukan Indonesia have been presented in accordance with PSAK. The conclusion is that results of financial ratios show inadequate financial performance and from the results of comparative financial ratio analysis, company needs to make improvements in all fields. Keywords : Financial Ratio, Profit and Loss, Balance Sheet, PSAK.
Efektifitas Pembinaan dan Pengawasan Pemerintah Provinsi Dalam Pemberian dan Penyaluran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) ke Desa Octavia, Santi
Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia Vol. 9 No. 5 (2019): Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia
Publisher : STIE Manajemen Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan mendasar yang dihadapi oleh pemerintah adalah kemampuan mengumpulkan data secara konsisten mengenai besaran nilai dana yang dikelola oleh desa-desa seluruh Indonesia, baik yang bersumber dari Pendapatan Desa, transfer dan pendapatan lain-lain. Dalam kaitannya pelaksanaan Transfer Dana ke Desa, Pemerintah Daerah Provinsi merasa kurang dilibatkan, mengingat bahwa untuk Dana Desa Dari APBN mekanisme penyaluran dilakukan dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ditransfer ke rekening kas desa melalui Rekening Kas Umum Daerah (RKUD). Demikian halnya Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari Dana Perimbangan yang diterima Pemerintah Kabupaten/Kota setelah dikurangin Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemda Kabupaten/Kota dimaksud, serta bagian Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD) Kabupaten/Kota yang diamanatkan sebesar 10% diserahkan Kepada Desa.Penelitian ini bertujuan Merumuskan strategi kebijakan yang efektif dalam optimalisasi peran pembinaan dan pengawasan pemerintah provinsi dalam pelaksanaan transfer Dana ke Desa oleh pemerintah kabupaten/kota; Berdasarkan hasil kajian dari lapangan ketidakmampuan ketentuan hukum dalam mengkonstruksikan hubungan pemerintahan antara pemerintah provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, ada keterputusan jalur birokrasi yang terkait dengan sistem pelaporan dana desa. Pemerintah perlu membuat Peraturan bersama kementerian terkait, dalam hal mekanisme yang mengatur ; kewajiban penyusunan laporan dan penyampaiannya untuk lebih melibatkan Propinsi secara jelas. Serta mendorong pemerintah Propinsi untuk melakukan sinergisitas dalam pengawasan, pencegahan dan penanganan Dana Desa di wilayah dengan Aparat Penegak Hukum. Kata Kunci : Efektivitas, Pembinaan dan Pengawasan, Propinsi , Dana Desa, Alokasi Dana Desa
Pengaruh Fasilitas Mobile Banking Terhadap Kepuasan Transaksi Nasabah Perbankan Sinulingga, Gairah
Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia Vol. 9 No. 5 (2019): Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia
Publisher : STIE Manajemen Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan informasi berupa penjelasan yang lebih mendalam tentang pengaruh fasilitas mobile banking terhadap kepuasan transaksi nasabah. Dan memperoleh hasil olahan data tentang seberapa besar pengaruh fasilitas mobile banking terhadap kepuasan transaksi nasabah. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini data yang diperoleh baik yang bersifat kuantitatif maupun yang bersifat kualitatif yang diteliti dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif, yakni dengan cara wawancara dan memberikan kuesioner kepada para responden sabagai sarana untuk memperoleh data yang akurat. Hasil Penelitian menunjukkan Fasilitas mobile banking mempunyai pengaruh yang kuat terhadap kepuasan transaksi nasabah karena memiliki jumlah presentasi 84,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 15.3%. Analisa korelasi memperoleh nilai r sebesar 0,920. Karena angka tersebut mendekati angka 1, maka daat disimpulkan bahwa antara fasilitas mobile banking terhadap kepuasan nasabah memiliki hubungan sangat kuat. Persamaan regresi diperoleh hasil Y = 9,345 + 0,976X, disimpulkan bahwa jika tidak ada fasilitas mobile banking, maka kepuasan transaksi nasabah tetap ada sebesar 9,345. Hipotesis dibuktikan atas koefesien regresi variabel bebas dengan uji t, diperoleh hasil bahwa koefesien variabel X terhadap kepuasan transaksi signifikan. Hal tersebut dapat diketahui bahwa nilai thitung sebesar 12,461 > ttabel 1,701, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kata kunci : Fasilitas Mobile Banking, Kepuasan Transaksi Nasabah.
Analisa Pelatihan pada Efektivitas Kerja Karyawan di PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk Purwakarta Siti Nurliyah, Elly
Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia Vol. 9 No. 5 (2019): Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia
Publisher : STIE Manajemen Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teknologi yang diadaptasi oleh perusahaan, secara otomatis menuntut karyawan untuk memiliki keahlian sesuai dengan teknologi tersebut. Keahlian tersebut didapatkan dengan berbagai pelatihan yang diadakan oleh perusahaan. Setelah diadakan pelatihan, apakah pekerjaan karyawan menjadi efektif atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pelatihan dengan efektivitas kerja karyawan. Penulis berkesempatan melakukan penelitian ini di PT. Japfa Comfeed, Tbk Purwakarta. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan survei terhadap 35 karyawan PT. Japfa Comfeed, Tbk Purwakarta sebanyak 35 orang. Data dianalisis dengan software SPSS 22. Pertama-tama data perlu diadakan pengujian persyaratan analisis data yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil penghitungan koefisien korelasi, rhitung > dari nilai rtabel (0,715 > 0,344), yang berarti terdapat pengaruh antara pelatihan dengan efektivitas kerja karyawan PT. Japfa Comfeed, Tbk Purwakarta. Nilai 0,715 tersebut berarti juga kekuatan korelasinya kuat. Dari daftar distribusi “t” dengan taraf nyata 0,05 dan dk 33 (n-2) diperoleh harga ttabel = 1,692. Dari hasil penghitungan didapat thitung = 5,87 lebih besar daripada ttabel = 1,692, sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan antara variable dapat diterima. Untuk r 2 = (0,715) 2 = 0,511 artinya bahwa pengaruh variable x terhadap y adalah sebesar 51,1%. Persamaan regresi yang dihasilkan Y = 13,649 + 0,69 X. Dari persamaan tersebut, dapat dijelaskan bahwa Koefisien b sebesar 0,69 artinya, bahwa setiap kenaikan 1 skor variabel kualitas pelayanan, akan meningkatkan 13,649 skor variabel kepuasan konsumen. Kata Kunci: Pelatihan, efektivitas kerja
Pengaruh Syarat Administrasi, Jaminan, Suku Bunga Terhadap Keputusan Penyaluran Kredit UMKM Bank Rakyat Indonesia Cabang Garuda Jakarta Pusat Usman, M. Husni
Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia Vol. 10 No. 6 (2019): Desember
Publisher : STIE Manajemen Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kwantitatif menggunakan statistik korelasi dan regresi berganda. Sampel yang digunakan adalah karyawan sebanyak 30 data sebagai sampel yang diambil secara acak sederhana menggunakan rumus Slovin. Uji hipotesis dengan signifikansi uji F dan uji t pada taraf nyata atau signifikansi 0,05. Hasil penelitian membuktikan bahwa ketiga variabel bebas secara parsial memiliki pengaruh masing-masing yaitu pengaruh Syarat Administrasi terhadap Penyaluran kredit sebesar 0,814. Faktor Jaminan berpengaruh terhadap Penyaluran kredit sebesar 0,615. Suku Bunga terhadap terhadap Penyaluran Kredit sebesar 0,464. Sedangkan besarnya pengaruh ketiga variabel bebas secara bersama-sama adalah 88,80%. Melalui uji F dan uji t dapat dibuktikan bahwa ketiganya secara parsial dan secara simultan (bersama-sama) ketiga variabel bebas tersebut sangat signifikan berpengaruh terhadap Keputusan Penyaluran Kredit. Temuan penelitian adalah bahwa variabel bebas Jaminan memiliki pengaruh yang lebih rendah dibandingkan dengan kedua variabel lainnya (Syarat Administrasi dan Suku Bunga), sedangkan variabel bebas Syarat Administrasi merupakan variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap Keputusan Penyaluran Kredit. Oleh karena itu disarankan perlunya peningkatan dan perbaikan Jaminan bagi setiap calon nasabah dalam mengajukan permohonan kredit UKM, misalnya dengan menunjukkan keaslian jaminan (BKPB, Sertifikat) dan lain-lain. Kata kunci:syarat administrasi, jaminan, suku bunga, keputusan penyaluran kredit
Pengaruh Komptensi dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling SMA di Kota Bogor Utomo, Susilo
Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia Vol. 10 No. 6 (2019): Desember
Publisher : STIE Manajemen Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi dan kepemimpinan terhadap kinerja guru Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Menengah Atas di Kota Bogor. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif kausal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Bimbingan dan Konseling SMA di Kota Bogor yang berjumlah 43 orang. Teknik analasis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini, yaitu: 1) kompetensi berpengaruh positif positif dan signifikan terhadap kinerja guru Bimbingan dan Konseling SMA di Kota Bogor; 2) kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru Bimbingan dan Konseling SMA di Kota Bogor. Dalam meingkatkan kinerja guru Bimbingan dan Konseling SMA di Kota Bogor sangat perlu diperhatikan kedua aspek dari kompetensi dan kepemimpinan, karena keduanya sangat menentukan besaran kinerja guru yang akan dihasilkan dalam bekerja di sekolah. Kata Kunci : Kompetensi, Kepemimpinan, Kinerja
Potensi Meningkatnya Beban Eonomi Akibat Fenomena Pertumbuhan LGBT di Kota Depok Ekasari, Silvia
Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia Vol. 10 No. 6 (2019): Desember
Publisher : STIE Manajemen Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pertumbuhan LGBT di Kota Depok (Afektif), tindakan yang dilakukan warga Depok (Psikomotor) terhadap LGBT, dan untuk mengetahui peran pemerintah khususnya dinas kesehatan di Kota Depok dalam hal menanggulangi peningkatan masalah kesehatan berdasarkan fenomena pertumbuhan LGBT. Analisa yang digunakan adalah analisis univariat. Karakteristik yang dianalisis usia dan jenis kelamin. Untuk variabel persepsi menggunakan skala likert dan diinterpretasikan berdasarkan distribusi frekuensi nilai mean atau median. Persepsi positif bila hasil skor ≥ 57,82 dan persepsi negatif bila skor < 57,82. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu mahasiawa, pelaku LGBT, dan beberapa masyarakat sekitar Kota Depok. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif karena peneliti menginginkan untuk mengetahui aktivitas pelaku LGBT dalam kehidupan kesehariannya dan bagaimana pengaruhnya pada kehidupan sosial para pelaku LGBT serta faktor yang mempengaruhi perilaku mereka. Keywords: Fenomena LGBT, Pertumbuhan LBGT, LGBT, Kota Depok
Analisis SWOT Fungsi Customer Relation Untuk Menetapkan Strategi Penjualan Dalam Menghadapi Konsumen Pada Tunas Toyota Pasar Minggu Jakarta Selatan H. Surono
Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia Vol. 10 No. 6 (2019): Desember
Publisher : STIE Manajemen Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis SWOT Fungsi Customer Relation Untuk Menetapkan Strategi Penjualan Dalam Menghadapi Konsumen Pada Tunas Toyota Pasar Minggu Jakarta Selatan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh manakah Fungsi Customer Relation Untuk Menetapkan Strategi Penjualan Dalam Menghadapi Konsumen Tunas Toyota Pasar Minggu Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode kualitatif. Lokasi penelitian berada di Tunas Toyota Pasar Minggu Jakarta Selatan. Rentang waktu penelitian ini adalah bulan September 2014 sampai dengan Desember 2014. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara dan observasi secara langsung dengan pihak customer relation koordinator Tunas Toyota Pasar Minggu Jakarta Selatan.Penelitian ini menggunakan Analisis SWOT. Dapat diketahui bahwa Koordinat Analisis Internal Sumbu x = (Skor Kekuatan – Skor Kelemahan)/2 = (3,62 – 2,13)/2 = 0,745 sedangkan Koordinat Analisis Eksternal Sumbu y = (Skor Peluang – Skor Ancaman)/2 = (3,4 – 1,58)/2 = 0,91. Jadi posisi perusahaan berada di (0,745;0,91). Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa fungsi customer relation sangat berperan penting untuk menetapkan strategi penjualan dalam menghadapi kosnumen. Kata kunci : Customer Relation , Strategi Penjualan
Kemampuan Pengajar, Media Pembelajaran Dan Kepuasan Warga Belajar Hendarusman
Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia Vol. 10 No. 6 (2019): Desember
Publisher : STIE Manajemen Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Latar belakang penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan pengajar dan media pembelajaran terhadap kepuasan warga belajar. Penelitian yang berjudul: “pengaruh kemampuan pengajar dan media pembelajaran terhadap kepuasan warga belajar Di LP3I Cabang Balikpapan“ . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikasi kemampuan pengajar dan media pembelajaran secara simultan dan parsial terhadap kepuasan warga belajar di LP3I Cabang Balikpapan. Adapun rumusan masalah yang diajukan pada penelitian ini adalah (1) Apakah kemampuan Pengajar dan Media Pembelajaran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan warga belajar pada LP3I Cabang Balikpapan 2). Apakah kemampuan pengajar dan Media Pembelajaran secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan warga belajar pada LP3I Cabang Balikpapan, Adapun kegunaan penelitian ini antara lain: (1) untuk mengetahui variabel kemampuan pengajar dan variabel media pembelajaran secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan warga belajar pada LP3I Cabang Balikpapan, (2) untuk mengetahui variabel kemampuan pengajar dan variabel media pembelajaran secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan warga belajar pada LP3I Cabang Balikpapan. Kata kunci: kemampuan pengajar, media pembelajaran, kepuasan warga belajar
Antara Ketepatan Saluran Distribusi dan Volume Penjualan Yuhono, Agus
Jurnal Manajemen Riset Bisnis Indonesia Vol. 10 No. 6 (2019): Desember
Publisher : STIE Manajemen Bisnis Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Distribution channel is one important factor in the marketing mix, ie product, price, place, and promotion. It is an integral part of said place. The accuracy of distribution channels in general will help increasing the volume of sales which is the ultimate goal of marketing. This work is intended to determine the effect of the accuracy of the distribution channel to sales volume by taking the case of the PT Tirtamas Lestari. This study uses statistical methods to test causal through populations of bottled water sales at PT Tirta. The conclusion of this study is that the accuracy of the distribution channel significantly affects sales volume. However, note also that the distribution channel turned out to have a number of barriers that result in less optimal distribution channels in increasing sales volume. Kata Kunci: Saluran Distribusi, Volume Penjualan, Bauran Pemasaran, Pelayanan Prima

Page 1 of 11 | Total Record : 105