Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi ketidakberdayaan dan keterpinggiran sosial yang dialami oleh penyandang disabilitas mental dengan fokus pada pengembangan desain merchandise yang menarik untuk mendukung gerakan peduli terhadap gangguan jiwa serta merancang strategi promosi penjualan untuk memperkuat dukungan terhadap gerakan tersebut. Pendekatan yang digunakan melibatkan business model canvas untuk mengarahkan proses perancangan merchandise dan penerapan metode perancangan kampanye periklanan yang efektif. Hasilnya diharapkan menciptakan merchandise yang tidak hanya memiliki nilai estetika yang menarik, tetapi juga mempromosikan kesadaran akan pentingnya kesehatan jiwa, mendukung gerakan peduli gangguan jiwa dalam masyarakat, meningkatkan penjualan merchandise, memberikan kontribusi finansial bagi gerakan peduli gangguan jiwa, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan jiwa. Diharapkan penelitian ini memberikan kontribusi nyata dalam memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas mental serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya peduli terhadap kesehatan jiwa. Hasil akhir dari perancangan merchandise, antara lain: doodle diary, t-shirt, totebag, shoes, mug, tumbler, key chain.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024