Journal of Primary Education Research
Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Primary Education Research

Analisis Problematika Kesulitan Belajar Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Slow Learner) Studi di SD N Trirenggo

Yanuar, Doni (Unknown)
Nofica Andriyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar yang dialami siswa Slow Learner di kelas 3 (tiga) SD Negeri 1 Trirenggo. Slow Learner merupakan salah satu jenis Anak Berkebutuhan Khsus (ABK). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Studi Kasus. Dalam penelitian ini data diperoleh peneliti dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah siswa Slow Learner kelas 3 SD Negeri 1 Trirenggo yang berjumlah 3 anak, yaitu AMH, LFR, dan NYS. Sumber peneltian yang digunakan pada penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, data tersebut diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan oleh peneliti untuk mengumpulkan data primer dengan mencari informasi dan mengamati kegiatan pembelajaran di kelas 3. Wawancara dilakukan dengan 5 informan, yaitu ketiga orang tua siswa, guru kelas, dan guru pendamping khusus (GPK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar yang dialami siswa Slow Learner yaitu: (1) kesulitan dalam mengikuti semua jenis mata pelajaran; (2) memiliki intelektual yang rendah atau dibawah rata-rata dari anak pada umumnya; (3) sulit menangkap dan memahami materi yang disampaikan oleh guru dalam pembelajaran, sehingga mereka tidak bisa menyampaikan kembali materi yang telah diajarkan; (4) memiliki daya ingat yang rendah, oleh karena itu siswa hanya mengingat kejadian yang sedang terjadi atau hanya kejadian yang menarik perhatianya saja sehingga mereka tidak bisa merencanakan sesuatu yang akan terjadi kedepanya; (5) kesulitan dalam membaca, menulis, dan menghitung, sehingga mereka sering tertinggal dalam mengikuti kegiatan pembelajaran; (6) mengalami masalah dalam berkomunikasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

primer

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar berfokus pada pengembangan keilmuan, inovasi, serta praktik terbaik di bidang pendidikan dasar yang mencakup berbagai aspek, seperti kurikulum, metode pengajaran, manajemen pendidikan, dan perkembangan kognitif, emosional, serta sosial siswa di tingkat sekolah dasar atau ...