cover
Contact Name
Nofica Andriyati
Contact Email
noficaandriyati@unu-jogja.ac.id
Phone
+6281328769510
Journal Mail Official
primer@unu-jogja.ac.id
Editorial Address
http://e-journal.unu-jogja.ac.id/pgsd/index.php/primer/about/editorialTeam
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Journal of Primary Education Research
ISSN : -     EISSN : 30469570     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Dasar berfokus pada pengembangan keilmuan, inovasi, serta praktik terbaik di bidang pendidikan dasar yang mencakup berbagai aspek, seperti kurikulum, metode pengajaran, manajemen pendidikan, dan perkembangan kognitif, emosional, serta sosial siswa di tingkat sekolah dasar atau sederajat. Jurnal ini bertujuan menjadi wadah ilmiah yang terpercaya bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan pembuat kebijakan untuk berbagi hasil penelitian serta pemikiran konseptual yang berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan dasar. Topik utama yang menjadi ruang lingkup jurnal meliputi: Peningkatan kualitas pembelajaran dan asesmen di sekolah dasar Pengembangan dan implementasi kurikulum pendidikan dasar Inovasi teknologi dalam pembelajaran di tingkat dasar Inklusi dan perdampingan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus Manajemen sekolah serta tata kelola pendidikan dasar Isu-isu sosio-kultural yang memengaruhi proses belajar-mengajar Kajian kebijakan pendidikan dasar yang berbasis bukti Jurnal ini juga terbuka untuk artikel yang mengupas praktik terbaik dan studi kasus yang memberikan solusi nyata terhadap berbagai tantangan dalam pendidikan dasar di Indonesia maupun secara global. Melalui publikasi karya-karya ilmiah yang berkualitas, jurnal ini diharapkan mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan dunia pendidikan dasar.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 26 Documents
Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Melalui Pendekatan Ekspositori di Sekolah Dasar Richana, Ainatur; Masithoh, Dewi
Journal of Primary Education Research Vol. 1 No. 01 (2023): Journal of Primary Education Research
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dampak kebijakan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan motivasi belajar siswa sehingga hasil belajar siswa kurang optimal. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan ekspositori. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas tipe kolaboratif. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Juni 2022. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV di MI Darul Ma’arif 1 Serut Bantul yang berjumlah 26 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan soal tes. Pengambilan data penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus pembelajaran yaitu: pratindakan, tindakan siklus I, dan tindakan siklus II. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan adanya peningkatan kualitas proses (keaktifan siswa dan suasana kelas menjadi lebih hidup) dan hasil belajar IPA (75 % siswa mencapai KKM 7,5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkan pendekatan ekspositori, kualitas proses pembelajaran menjadi meningkat, terbukti siswa menjadi lebih kritis dalam proses pembelajaran, rasa ingin tahu yang tinggi serta mampu bekerjasama. Sehingga, menjadikan suasana kelas lebih aktif dan menyenangkan. Selain itu, hasil belajar IPA pada siswa meningkat, terbukti dengan nilai rata-rata siswa pratindakan sebesar 7,6 dengan pencapaian KKM 49,98 % sebanyak 12 siswa, tindakan siklus I nilai rata-rata meningkat sebesar 8,17 dengan pencapaian KKM 80,75 % sebanya 21 siswa, dan pada tindakan siklus II meningkat menjadi 8,65 dengan pencapaian KKM 88,40 % sebanyak 23 siswa dari 26 siswa keseluruhan yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan ekspositori.
Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V di SD NU Sutiyono; Khaerunnisa, Novita
Journal of Primary Education Research Vol. 1 No. 01 (2023): Journal of Primary Education Research
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik dalam pembelajaran tematik kelas V B di SD NU Sleman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan peserta didik kelas V SD NU Sleman. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Penelitian dilaksanakan di SD NU Sleman Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik selalu diberikan dan ditanamkan oleh kepala sekolah dan para guru di SD NU Sleman Yogyakarta baik itu pada jam belajar ataupun di luar jam belajar, dikarenakan karakter disiplin dan tanggung jawab sangat penting sekali di berikan kepada peserta didik di masa perkembangannya. Menjalankan karakter disiplin peserta didik dalam pembelajaran tematik di kelas dengan membiasakan tepat waktu dan tidak terlambat dalam mengikuti pembelajaran di kelas, mengumpulkan tugas sesuai jadwal yang di tentukan oleh guru, dan memiliki kesadaran tentang tugas dan tanggung jawab peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Jika ada peserta didik yang melanggar biasanya guru memberikan sanksi yang bertujuan untuk memberikan efek jera kepada peserta didik tersebut namun tidak melanggar norma pendidikan agama, tetap memberikan contoh yang baik.
Ilmu Pengetahuan Sosial: Problematika dan Solusinya Amaruddin, Hidar
Journal of Primary Education Research Vol. 1 No. 01 (2023): Journal of Primary Education Research
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

IPS harusnya dipandang secara komprehensif, yaitu secara teoretis maupun praktis yang berkontribusi langsung dalam kehidupan siswa. Namun praksis pembelajaran IPS tentu tidak lepas dari berbagai macam problematika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literature review, yaitu studi yang dilakukan dengan mengkaji literatur-literatur terkait, untuk menjawab masalah yang ada. Terdapat beberapa macam problematika dalam pembelajaran IPS, terutama terkait minimnya wawasan guru yang mengakibatkan IPS tidak diajarkan secara terpadu, tidak adanya inovasi yang dilakukan dalam pembelajaran, yang berujung kepada rendahnya minat belajar siswa terhadap IPS. Maka dari itu guru menghadirikan IPS tidak secara terpisah-pisah, kontekstual, multikultural dan bermakna, dengan menggunakan pendekatan belajar secara kontekstual yang bersumber dari lingkungan terdekat siswa. Selain itu, model pembelajaran yang menstimulus jiwa eksplorasi dan nalar kritis siswa. Nilai-nilai karakter diinternalisasikan dalam setiap proses pembelajaran IPS.
Peran Orang Tua Dalam Membimbing Kemampuan Membaca Siswa Slow Learner Kelas IV SD NU Pemanahan Supandi, Wahyu Hidayah; Amaruddin, Hidar
Journal of Primary Education Research Vol. 1 No. 01 (2023): Journal of Primary Education Research
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam membimbing kemampuan membaca siswa slow learner kelas 4 SD NU Pemanahan. Metode penelitian yang di pakai adalah kualitatif studi kasus, penelitian dilakukan di SD NU Pemanahan, informan dalam penelitian ini terdiri dari lima siswa di kelas IV dan lima wali siswa, sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder, tehnik pengumpulan. Data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, analisis data menggunakan Miles and Huberman melalui Langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan terakhir penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua mengalami kesulitan dalam membimbing kemampuan membaca dan menangani anak yang mengalami lamban belajar, serta orang tua sudah menfasilitasi belajar anak dengan cara dikursuskan supaya lancar membaca dan didampingi saat belajar membaca, selain itu orang tua berupaya memberikan dorongan untuk belajar membaca supaya memperoleh hasil atau tujuan yang diinginkan.
Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran IPA di SD Nugroho, Wahyu; Rilianti, Adhy Putri; Wijanarko, Tiok
Journal of Primary Education Research Vol. 1 No. 01 (2023): Journal of Primary Education Research
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran sains di SDIT Luqman Al Hakim Internasional Banguntapan Bantul. Peneltiian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (development research) dengan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Penelitian dilakukan dengan langkah: studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan draf produk media dan validasi, uji coba individu, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar, revisi akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Hasil Penelitian menunjukan skor rata-rata validasi materi 4,54 dengan kategori sangat baik dan validasi ahli media 4,13 dengan kategori baik. Berdasarkan Hasil uji coba lapangan awal mendapat skor rata-rata 4,69, uji coba lapangan 4,09, uji pelaksanaan lapangan 4,21. Pada uji coba lapangan termasuk dalam kategori sangat baik. Dari hasil uji coba tersebut multimedia pembelajaran sains yang dikemas dalam bentuk CD Interaktif layak untuk digunakan dalam pembelajaran sains.
Pengaruh Alat Peraga Matematika Materi Bangun Datar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SD NU SLEMAN Kusumastutik, Novi; Syafriza, Azizatul Alif
Journal of Primary Education Research Vol. 1 No. 01 (2023): Journal of Primary Education Research
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga matematika materi bangun datar terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD NU SLEMAN. Penelitian ini dilaksanakan di SD NU SLEMAN tahun ajaran 2021/2022. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design di kelas IV didapat sampel 43 siswa yang dijadikan subjek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kognitif berupa essay/uraian. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t pada hasil belajar siswa diperoleh hasil nilai sig. < taraf signifikasi 5% yang artinya rata-rata hasil belajar siswa saat posttest lebih tinggi daripada saat pretest. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar.
Peran Guru Kelas dalam Menangani Perilaku Bullying Siswa Kelas V SDNU Pemanahan Meli Sarita Duri; Anintyawati, Riska
Journal of Primary Education Research Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Primary Education Research
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam menangani perilaku bullying pada siswa kelas V di SDNU Pemanahan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian peran guru kelas dalam menangani perilaku Bullying, yaitu (1) sebagai pembimbing yaitu dengan cara memberikan penjelasan dan tindakan kepada siswa saat terjadi perilaku bullying; (2) sebagai mediator atau fasilitator yaitu dengan cara menumbuhkan hubungan yang positif antar siswa, mendorong perilaku sosial yang baik dan mengupayakan siswa mendapatkan sumber belajar; (3) sebagai penasihat yaitu dengan cara memberikan saran dan nasihat terhadap siswa yang mengalami perilaku bullying. Bullying di kelas adalah perbuatan atau perilaku yang dilakukan siswa dengan tujuan menyakiti baik secara fisik, verbal pengucilan teman sebaya. Jenis perilaku Bullying di kelas V SDNU Pemanahan adalah Bullying fisik seperti menendang, memukul, mendorong, dan meludahi. Bullying verbal seperti mengejek dengan nama panggilan orang tua dan mengejek pekerjaan orang tua. Bullying relasional seperti pengabaian dan pengucilan dalam kelompok teman sebaya. Pola terbentuknya Bullying yaitu faktor lingkungan keluarga, karakter individu, lingkungan pertemanan dan ukuran badan dan kekuatan antar siswa.
Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa di MI Ma’arif Sembego Andriani, Dela; Nofica Andriyati
Journal of Primary Education Research Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Primary Education Research
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, 1 orang guru dan 2 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah agregasi kategori dan interpretasi langsung, membentuk koresponden dan pola, dan generalisasi naturalistik. Hasil penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di MI Ma’arif Sembego dimanfaatkan dengan baik oleh guru. Lingkungan Fisik yang berupa sarana dan prasarana yang sudah memadai. Lingkungan Akademik berupa buku yang digunakan sesuai dengan norma/nilai yang berlaku, tidak mengandung unsur pornografi, kekerasan dan radikalisme. Guru juga memanfaatkan media cetak dan media elektronik. Akan tetapi, sekolah masih belum menyediakan buku bacaan yang baru atau dengan kata lain, buku bacaan tersebut tidak ada perubahan. Lingkungan sosial suasana pada saat pembelajaran cukup kondusif, dan siswa memperhatikan penjelasan guru.
Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, & Math (STEAM) untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 Siswa Sekolah Dasar Rilianty, Adhy Putri; Handayani, Monika; Nugroho, Wahyu
Journal of Primary Education Research Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Primary Education Research
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, & Math (STEAM) merupakan salah satu pendekatan yang menjadi trend di abad 21. Pendekatan STEAM menjadi salah satu jawaban untuk mampu mendesain kegiatan pembelajaran yang memfasilitasi peserta didik dalam kegiatan pemecahan masalah, proyek, dan penemuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pendekatan Science, Technology, Engineering, Art, & Math (STEAM) yang dapat diterapkan di sekolah dasar untuk meningkatkan keterampilan abad 21 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu systematic literature review. Data dikumpulkan dari berbagai sumber referensi seperti buku dan artikel jurnal yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan STEAM dapat diterapkan di SD baik kelas rendah maupun kelas tinggi. Penerapan STEAM dapat meningkatkan keterampilan abad 21 siswa SD. Keterampilan abad 21 tersebut antara lain keterampilan berpikir kritis dan penyelesaian masalah (critical thinking and problem solving/ expert thinking), komunikasi dan kolaborasi (communication and collaboration), kreativitas dan inovasi (creativity and innovation/ applied imagination and invention). Penerapan STEAM di SD masih membutuhkan peran guru yang cukup banyak. Guru berperan sebagai fasilitator dan motivator.
Pengembangan Bahan Ajar Cetak Berbasis Leaflet dalam meningkatkan Kemampuan Menghitung Operasi Pecahan di Sekolah Dasar Ahmad Yusril Wafi; Agustina, Riza
Journal of Primary Education Research Vol. 1 No. 2 (2023): Journal of Primary Education Research
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan pada bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran matematika materi operasi hitung pecahan biasa. Penelitian pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar cetak berbasis Leaflet, 2) mengetahui kelayakan pengembangan bahan ajar cetak berbasis Leaflet, 3) untuk mengetahui keefektifitasan bahan ajar cetak berbasis Leaflet dalam meningkatkan kemampuan menghitung operasi pecahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD (Research and Development). Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digujnakan sebagai salah satu sumber belajar matematika pada materi operasi hitung pecahan biasa. Berdasarkan penilaian ahli materi memperoleh nilai 98 %, kemudian hasil penilaian ahli desain sebesar 86%. Selanjutnya, penilaian dari respon guru memperoleh nilai 96%. Bahan ajar cetak berbasis Leaflet ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan menghitung operasi pecahan yang diperoleh dari hasil perbandingan nilai pre-test dan post-test saat menggunakan bahan ajar berbasis Leaflet. Nilai rata-rata pada pre-test diperoleh sebesar 39,49. Sedangkan, nilai rata-rata pada post test diperoleh nilai sebesar 66,46. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Leaflet efektif dalam meningkatkan kemmapuan menghitung operasi pecahan. Kemudian, diharapkan proses pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif dan dapat memberikan pengalaman belajar serta meningkatkan kemampuan menghitung anak usia dasar melalui bahan ajar cetak berbasis Leaflet

Page 1 of 3 | Total Record : 26