Penelitian yang dilakukan agar bertujuan untuk mengetahui penilaian autentik pada mata pelajaran aqidah akhlak DiĀ SD Islam An-Nur Kota Serang tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan wawancara. Pertama digunakan dengan pengambilan data melalui kajian berbagai sumber literatur yang berbagai macam dari beberapa dokumen, baik itu buku jurnal para ahli dan segala hal yang berkaitan dengan materi tersebut. Kemudian setelah semua data ini terkumpul maka dilakukan analisis data dan berikutnya penulis menggunakan teknik wawancara dengan melakukan observasi di sekolah dan penarikan kesimpulan. Dan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam penilaian autentik pada mata pelajaran aqidah akhlak guru harus melakukan tiga konsep penilaian dasar dalam penilaian autentik yaitu, pertama penilaian kompetensi afektif, kedua penilaian aspek kognitif dan yang ketiga penilaian aspek psikomotorik. Penilaian autentik dicoba di saat guru melakukan kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran aqidah akhlak.
Copyrights © 2024